3 Desember: Hari Penyandang Cacat Internasional, Simak Fakta-Faktanya!

3 Desember: Hari Penyandang Cacat Internasional, Simak Fakta-Faktanya!

Taukah kalian kalo Hari Penyandang Cacat Internasional dirayakan setiap tanggal 3 Desember? Nah, di tahun 2019 ini dirayakan di hari Selasa. Yuk, simak fakta-fakta berikut ini tentang Hari Penyandang Cacat Internasional.

1. Dirayakan untuk tujuan mulia

penyandang disabilitas (news.vanderbilt.edu)

Hari Penyandang Cacat Internasional sebenernya punya tujuan yang bagus dan mulia. Tujuannya adalah buat mengembangkan wawasan masyarakat tentang persoalan yang berkaitan dengan kehidupan para penyandang cacat atau disabilitas. Selain itu, juga demi memberi dukungan buat meningkatkan martabat, hak, dan kesejahteraan penyandang cacat.

Pemerintah RI sendiri punya UU No. 19/2011 yang isinya untuk mendorong pihak-pihak terkait agar penyandang cacat juga mendapat hak dan partisipasi penuh dalam bermasyarakat.

2. Lebih dikenal dengan istilah disabilitas

Penyandang cacat sebenernya lebih sering disebut dengan penyandang disabilitas dalam dunia internasional. Istilah ini muncuk jelang ratifikasi konvensi PBB tentang Hak-Hak Penyandang Disabilitas. Nah, kemudian menurut UU no 19 tahun 2011, penyandang cacat resmi diganti dengan penyandang disabilitas.

3. Fasilitas untuk penyandang cacat 

ramp (wikipedia.org)

Taukah kalian kalo di Indonesia udah ada fasilitas khusus penyandang cacat? Fasilitas ini misalnya yang ada di jalan trotoar.

Ramp fungsinya adalah untuk menggantikan tangga yang biasa dipakai sama lansia atau penyandang disabilitas buat naik ke tempat yang lebih tinggi atau saat akan naik ke transportasi umum kayak kereta dan bus.

Kemudian, Portal S. Ini berfungsi buat ngasih perlindungan bagi pengguna kursi roda.

Lalu ada juga guiding block yang punya fungsi sebagai jalur penuntun dan petunjuk bagi penyandang cacat atau disabilitas. Ini khususnya berguna buat kaum tunanetra.

4. Dirayakan sejak lama



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"