3 Cara Paling Ampuh Buat Menghadapi Komentar Negatif

3 Cara Paling Ampuh Buat Menghadapi Komentar Negatif

Nggak semua orang punya kebiasaan ngasih komentar positif, seperti saran yang membangun atau pujian. Banyak juga orang bermulut jahat dan suka komentar negatif yang sifatnya merendahkan. Pertanyaannya, siapa sih yang suka dikomentarin yang nggak enak didengar? 

Duh, apalagi kalo yang dikomentarin soal fisik atau pencapaian penuh perjuangan, eh seenaknya banget dikomentarin nggak enak. Pastinya kamu pun bakalan ngerasa nggak enak hati. Lebih parah lagi, ini bisa ngerusak rasa kepercayaan diri. 

Terus, gimana sih caranya buat menghadapi komentar negatif? 

Memahami maksud komentar

Memahami maksud komentar Komentar negatif (Youtube.com)

Jangan dulu terbakar emosi, sebaiknya kamu mencoba buat memahami kata-kata yang diucapkan. Siapa tau mungkin dia orangnya memang ketus padahal berniat baik. Siapa tau juga mungkin komentarnya adalah sebuah opini atau kritikan yang bikin kamu lebih baik, tapi caranya salah. 

Setelah setidaknya berusaha mencerna komentar, baru deh kamu bisa memilih untuk bertindak atau mengabaikan. Namanya emosi, mau itu marah, kecewa, atau sedih pun wajar aja kok. Lagian, nggak ada kok yang suka dikasih komen jelek. 

Abaikan

Abaikan Komentar negatif (Youtube.com)

Ini adalah hal sederhana tapi kadang susah dilakukan, yaitu mengabaikan. Kalau kamu bisa santai sih mungkin lebih mudah ya buat bersikap cuek dan bodo amat. Tapi ya namanya manusia, kadang susah mengontrol emosi. 

Kalau udah sampai tahap bosa cuek dan mengabaikan komentar negatif, rasanya pasti lebih lega. Jadi tiap ada orang yang ngomongin kamu, ya biarin aja dan nggak perlu dipeduliin. Toh, kamu sendiri yang tau apa yang sebenarnya memang terjadi. Selama emang ngerasa nggak ngelakuin ha yang salah sih, hempaskan aja gengs~



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"