27 November 1095: Perang Salib Pertama, Simak Sejarahnya!

27 November 1095: Perang Salib Pertama, Simak Sejarahnya!

Taukah kalian kalo Perang Salib Pertama terjadi pada 27 November 1095? Perang Salib sendiri merupakan salah satu peperangan yang paling bersejarah. Perang ini sebenernya bertujuan untuk berebut kota suci Yerusalem. 

Akan tetapi, kesannya ini Perang Salib menjadi perang dua agama besar, Islam dan Kristen. Ada 8 periode Perang Salib yang tercatat dalam sejarah. 

Yuk, kita simak sejarah Perang Salib Pertama.

Perang Salib (idntimes.com)

Awal Mula Perang Salib

Setiap akibat pasti ada sebabnya. Lalu apa sih yang memicu Perang Salib?

Awal terjadinya Perang Salib terjadi karena banyak faktor. Misalnya kayak faktor agama, politik, dan sosial ekonomi.

Waktu itu pada tahun 1070, Yerusalem direbut sama Bani Saljuk dari Turki. Lalu, Kaisar Yunani Diogenes dikalahin dan ditawan di Mantzikert pada 1071.

Perang Salib (kumparan.com)

Akhirnya, Asia Kecil dan semua Suriah jadi dimiliki sama Bani Saljuk. Antiokhia menyerah pada 1084. Sehingga, pada tahun 1092 nggak ada satu pun kota besar di Asia yang dikuasai sama Kristen. 

Ada aturan dari Bani Saljuk yang ngasih batasan dan perketat ziarah umat Kristen ke Yerusalem. Inilah yang mempengaruhi umat Kristen buat mengejar kebabasan dan berusaha mendapatkan Yerusalem dari tangan kaum Muslim.

Selanjutnya, Kaisar Alexius Komnenus memohon pada Paus Urbanus II di tahun 1095 buat mendorong umat Kristen di Eropa supaya ngelakuin Perang Salib. 

Demi menyatukan kekuatan, peperangan diumumkan buat menaklukkan gereja-gereja di wilayah Timur yang masih dikuasai umat Islam. Akhirnya, dimulailah Perang Salib pertama pada 27 Nobember 1095.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"