21 November 1791: Kolonel Napoléon Bonaparte Diangkat Jadi Jenderal, Simak Fakta Tentangnya!

21 November 1791: Kolonel Napoléon Bonaparte Diangkat Jadi Jenderal, Simak Fakta Tentangnya!

Siapa sih yang nggak pernah denger nama Napoleon Bonaparte? Namanya seakan dikenang sepanjang masa. Siapa sih doi sebenernya?

Dia merupakan seorang pemimpin militer dan politik Prancis yang dikenal waktu Perang Revolusioner. Napoleon dinilai sebagai orang yang ngenalin wajib militer, kebebasan beragama, dan mengajak orang biasa buat terus berjuang meningkatkan posisi.

Tanggal 21 Nobember 1791 pun merupakan hari dimana Kolonel Napoleon Bonaparte diangkat menjadi jenderal. Yuk, kita pelajari fakta-fakta sosok Napoleon Bonaparte yang menarik.

1. Selalu punya taktik perang yang cerdas

Napoleon Bonaparte (biography.com)

Napoleon Bonaparte emang cerdas banget kalo soal perang. Makanya. Dia punya julukan 'si jenius perang'. 

Salah satu taktiknya yang unik sekaligus cerdas adalah saat pakai huruf braile ketiak perang di malam hari yang gelap. Cara komunikasi dengan huruf braile ini dinilai efektif. 

Nggak cuma itu aja, Napoleon juga mengirim makan buat para prajurit dengan pakai makanan kalengan. Ini bisa bikin makanan jadi lebih awet dan gampang dikirim.

2. Dianggap pendek tapi nggak pendek banget

FYI, tinggi badan Napoleon Bonaparte adalah 170 cm. Ini adalah rata-rata tinggi badan orang Prancis di tahun 1800-an. Tetapi, anggota Garda Sipilnya pada lebih tinggi, makanya dia sering keliatan pendek.

3. Punya hubungan asmara yang kompleks

Josephine, istri pertama Napoleon (wikipedia.org)

Napoleon Bonaparte pernah memiliki istri yang bernama Josephine. Tapi, kabarnya, hubungan mereka nggak harmonis. Soalnya, Josephine mempermainkan Napoleon dan nggak setia.

Napoleon setelah menikah 2 hari dengan Josephine langsung pergi ke Italia buat kampanye militer. Di saat itulah, Josephine merasa sepi di Paris dan selingkuh sama Hippolyte Charles.

Karena perselingkuhan itu, Napoleon dan istrinya lalu bercerai. Tapi mengharukan banget saat akhir hidup Napoleon. Waktu itu, cuma nama Josephine aja yang disebut saat akhir hidupnya. Itu nunjukin betapa cintanya Napoleon Bonaparte sama Josephine.

4. Sempat coba bunuh diri

Napoleon Bonaparte juga pernah mencoba bunuh diri dengan pil saat berada di Fontainebleau. Dia membawa pil racun sejak invasi ke Rusia gagal. Tapi, akhirnya aksi bunuh dirinya itu nggak sukses.

5. Berasal dari daerah terpencil



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"