20 Desember: Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional, Berikut Fakta-faktanya!

20 Desember: Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional, Berikut Fakta-faktanya!

Kita semua adalah makhluk sosial. Artinya, kita membutuhkan orang lain guna bertahan hidup. Makanya, pada sesama, kita perlu peduli dan saling tolong menolong.

Nah, taukah kalian kalo ternyata ada Hari Kesetiakawanan Sosial Nasiona jugal loh. Di Indonesia, ini dirayakan setiap tanggal 20 Desember. Gimana sih latar belakangnya?

Jadi, dulu saat Indonesia masih dijajah Belanda, kehancuran karena perang ada dimana-mana. Bahkan, saat udah merdeka kita masih harus berjuang mempertahankan kemerdekaan. Ini pastinya menimbulkan permasalahan sosial yang besar.

Hari kesetiakawanan sosial (psiloveyou.xyz)

Lalu, apa tujuan sebenernya peringatan hari sosial pada tanggal 20 Desember? Melansir Harapanamalmulia.org, Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasionala dalah usaha untuk mengingatkan bahwa bangsa kita punya jiwa setia kawan. Kita punya semangat untuk bersatu dan bergotong royong demi bangsa Indonesia. 

Harapannya, sifat asli bangsa Indonesia yang peduli pada sesama dan gotong royong bisa dilestarikan sampai generasi muda. 

Sementara itu, baru-baru ini Kementrian Sosial melakukan aksi dalam rangka peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional ini di Kalimantan Selatan. Kemensos mengambil tema peringatan ini dengan 'LBKS Lintas Banua Bergerak!!!'.

Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (detik.com)

Kemudian ada bakti sosial juga dengan menyalurkan bantuan. Bantuan itu berupa Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Rumah Tidak Layak Huni, Sarana Lingkungan, paket sembako, alat bantu kesehatan, dan sebagainya.

Itulah beberapa fakta mengenai hari kesetiakawanan sosial nasional. Gimana menurut kalian gengs? Untuk memperingati hari ini sebenernya kita bisa mulai dari hal-hal kecil. 

Misalnya kayak membantu teman yang membutuhkan, membantu saudara yang tertimpa musibah, dan sebagainya. Selamat merayakan hari kesetiakawanan sosial nasional ya!



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"