1991: Uni Soviet Dibubarkan, Apa Penyebabnya Sih?

1991: Uni Soviet Dibubarkan, Apa Penyebabnya Sih?

Taukah kalian dengan negara Uni Soviet? Saat ini mungkin kalian nggak akan bisa menemukannya di peta. 

Uni Soviet atau URRS awalnya berdiri pada 25 Oktober 1917. Ini adalah negara sosialis yang ada pada tahun 1922 hingga 1991 di Eurasia.

Negara ini runtuh pada 26 Desember 1991. Apa sih yang jadi penyebab pembubaran Uni Soviet? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

1. Pemerintahnya diktator

Uni Soviet dibubarkan (idntimes.com)

Uni Soviet bisa dibilang negara komunis di masanya. Sayangnya, pemerintahannya sangat totaliter dan diktator. Tentu saja ini tujuannya untuk membuat keteraturan dalam negara. Rakyat jadi terpaksa tunduk pada peraturan pemerintah

Sementara itu, rakyat Uni Soviet nggak bisa ngasih pendapat secara bebas. Lama-kelamaan, pemerintahan yang diktator menimbulkan konflik di sana.

2. Kebijakan baru yang bikin situasi memburuk

Saat Uni Soviet lagi kacau situasinya, ada pemimpin baru yang memberlakukan kebijakan baru. Dia bernama Mikhail Gorbachev.

Kebijakan baru bertujuan buat mereformasi sistem atau percepatan ekonomi. Sayangnya, realita berkata lain. Kebijakan justru bikin sistem negara seolah-olah mati.

3. Rakyat nggak punya nasionalisme tinggi

masyarakat uni soviet (rbth.com)

Gimana coba kalo rakyat sendiri nggak bernasionalisme tinggi. Hal ini terjadi pada Uni Soviet. 

Keragaman budaya di Uni Soviet malah menyebabkan rakyatnya nggak punya nasionalisme tinggi. Apalagi, rakyatnya juga nggak suka dengan inerja pemerintahan pusat Uni Soviet.

4. Kemiskinan

Kemiskinan melanda masyarakat karena pemerintahnya begitu totaliter. Uni Soviet menganut paham sosialisme, ini bikin perekonomian harus melibatkan pemerintah. 

Uang kas negara malah fokus untuk negara lain. Duh, ngerilah pokoknya.

5. Pakta Warsawa bubar



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"