18 Oktober Hari Perayaan Santo Lukas, Siapakah Beliau?

18 Oktober Hari Perayaan Santo Lukas, Siapakah Beliau?

18 Oktober adalah hari perayaan Santo Lukas, siapakah beliau?

Santo Lukas atau Lukas Sang Penginjil merupakan salah satu pemimpin pertama umat Kristiani. Dalam tradisi, ia dipercaya sebagai penulis Injil Lukas dan Kisah Para Rasul (buku ketiga dan kelima dalam Kitab Perjanjian Baru).

Nah, sekarang yuk simak sejarah dan biografi Santo Lukas. Santo Lukas dulu lahir di Antiokia dari dalam sebuah keluarga yang dianggap kafir. Saat itu, Antiokia adalah kota terkenal di kekaisaran Romawi. Daerahnya dikenal luas dan makmur.

Santo Lukas (lingkunganpauluswonosari.blogspot.com)

Orang-orang Kristen banyak yang lari ke sini saat ada penganiayaan orang-orang Yahudi. Orang-orang Kristen juga menyebarkan agama di daerah Antiokia ini. Nah, salah satu yang akhirnya menjadi Kristen adalah Lukas. 

Lukas sendiri memiliki latar belakang budaya helenis (Yunani) dan bukan seorang Yahudi. Dalam sejarah, Lukas dikenal berpendidikan dan merupakan seorang dokter / tabib pada masa itu.

Ilustrasi Santo Lukas (catholicreadings.org)

Setelah itu, dia menggabungkan diri dengan Paulus dan ikut perjalanan misioner ke Makedonia, Yerusalem, dan Roma. Intinya, dia menjadi pengikut setia Paulus. Di Yerusalem, Paulus ditangkap dan ditahan dalam penjara. Lukas pun kerap mengunjunginya selama dipenjara Paulus ditahan

Dalam waktu ini, banyak yang menduga bahwa Lukas menulis Kitab Injil. Lukas sendiri belum pernah bertemu dengan Yesus secara langsung. Karena ingin menulis tentang Yesus bagi umat Kristiani yang bertobat, Lukas pun banyak berkomunikasi sama saksi awal yang kenal Yesus secara personal. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"