12 Desember 1992: Tsunami Melanda Pulau Flores yang Tewaskan 2500 Orang

12 Desember 1992: Tsunami Melanda Pulau Flores yang Tewaskan 2500 Orang

Tsunami Melanda Pulau Flores

Indonesia emang salah satu negara yang rentan kena tsunami. Nggak heran, kalo ada banyak tsunami yang menggempur negara kita.

Nah, taukah kalian, bukan cuma tsunami Aceh aja yang menewaskan banyak orang. Ternyata bertahun-tahun sebelumnya, Indonesia juga dilanda tsunami. Tepatnya di Pulau FLores, NTT. 

Bahkan, korban yang meninggal mencapai 2500 orang. Kondisi kerusakan paling parah ada di Kota Maumere dan Pulau Babi. Karenanya, tsunami yang melanda Pulau Flores jadi yang paling parah selain tsunami Aceh pada 2004.

tsunami di Flores (mediantt.com)

Waktu itu, gempanya punya kekuatan 7,5 skalarichter. Jadi bisa dibayangin gengs rasanya kayak gimana, pasti pusing. Gempanya terjadi pada Sabtu, 12 Desember 1992 pada pukul 13.29 WITA. Hayo, kalian udah lair belom?

Pusatnya sendiri berada di kedalaman laut 35 km arah barat laut kota Maumere. Gempa yang besar ini memicu longsor bawah laut gengs. Akhirnya, tsunami di Flores datang akibat kombinasi gempa dan longsor. 

Ketinggian tsunaminya dahsyat banget. Melansir Kompas.com, tingginya lebih dari 25 meter yang melanda sekitar 300 meter ke daratan.

Tsunami melanda Flores bertahun-tahun lalu (tribunnews.com)

Bisa dibayangin kalo kayak gini datang tiba-tiba, pasti bakal panik dan bingung gimana cara menyelamatkan diri. Apakagi, dulu teknologi di Indonesia belum semodern sekarang. Jadi, kabar tentang akan datangnya tsunami bisa jadi nggak seperti sekarang.

Karenanya, ketinggian tsunami waktu itu diukur sama peneliti Jepang, dua minggu abis tsunami. Mereka datang ke pantai utara FLores dan Pulau Babi. 

Kawasan Indonesia Timur juga dinilai paling berisiko kena tsunami. Menurut Data dan Informasi Bencana Indonesia, dari tahun 1629-2014, ada 174 tsunami. Sekitar 60 persennya berlokasi di Indonesia Timur gitu gengs. Jadi, hati-hati saja buat kalian yang tinggal di kawasan ini.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"