11 Oktober 1968, Nasa Berhasil Luncurkan Apollo 7, Misi Berawak Manusia Pertama

11 Oktober 1968, Nasa Berhasil Luncurkan Apollo 7, Misi Berawak Manusia Pertama

Pada tanggal 11 Oktober, NASA meluncurkan Apollo 7 yang berawak manusia untuk pertama kalinya. Baca fakta-faktanya berikut.

Lebih dari 50 tahun yang lalu, yaitu 11 Oktober 1968, NASA berhasil meluncurkan Apollo 7. Apollo 7 sendiri adalah misi peluncuran berawak manusia yang pertama kalinya dalam Program Apollo.

Misi ini pun dikatakan sukses yang kemudian membuka jalan beberapa astronot buat mendarat di Bulan pertama kali dengan Apollo 11.

1. Ada 3 Awak

awak Apollo 7 (foxnews.com)

Dalam Apollo 7, terdapat awak tiga orang dalam peluncurannnya. Ketiga awak itu ialah Walter Schira, Donn Eisele, serta Walter Cunningham. Mereka meluncur dari Stasiun Angkatan Udara Cape Kennedy di Florida, Amerika Serikat.

Awak yang menjalani misi ini adalah anggota "cadangan" awak Apollo 1 yang  meninggal dunia karena terbakar. Makanya, sejak peristiwa tragis itu, NASA merancang ulang pesawat Apollo demi meningkatkan pengamanan agar nggak pesawat nggak mudah kebakar.

2. Awak nggak kembali ke bumi dengan kondisi super baik

Ketiga awak pesawat mendarat di samudera atlantik dengan posisi terbalik. Kabarnya, mereka mengalami head cold dan flu yang parah. Makanya, NASA jarang banget menggunakan orang yang sama untuk misi luar angkasa, karena dampak kesehatan yang seperti ini.

3. Membawa bekal banyak

tim awak Apollo 7 (spacefacts.com)

Ada banyak makanan yang dibawa oleh para awak, antara lain kotail buah, roti kayu manis, salad ayam, roti, sereal aprikot, dan masih banyak lainnya. Rupanya mereka pernah ngeluh kalo makanan bekal ini terlalu banyak dan manis. Wah, jadi bayangin gimana cara makan di luar angkasa, ya?

4. Mengorbit bumi 163 kali



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"