11 Nama-Nama Nabi Selain 25 yang Belum Banyak Orang Tahu

11 Nama-Nama Nabi Selain 25 yang Belum Banyak Orang Tahu

Meski yang biasa diketahui hanya berjumlah 25 Nabi dan Rasul saja, sebenarnya ada banyak nabi dan Rasul yang jarag diketahui orang. Jumlah nabi sendiri mencapai 124.000 orang sedangkan jumlah Rasl ada 313 orang.

Berikut ini beberapa nama-nama nabi selain 25 dan cerita singkat mengenai kehidupannya.

1. Nabi Khidir AS disebut juga Balya Bin Malkan

Nabi Khidir AS salah satu guru Nabi Musa AS (mediaummat.co.id)

Nabi Khidir menjadi cerita yang cukup popular di masyarakat. Mungkin kaian udah familiar dengan Nabi Khidir.

Arti nama Nabi Khidir adalah Al-Khidir, yang secara harfiah berarti 'Seseorang yang Hijau'. Artinya keluasan ilmu pengetahuan dan kesegaran jiwa yang beliau miliki. Nabi Khidir dikenal sangat berpengetahuan. Nabi Musa pernah belajar kepadanya tapi tidak berhasil.

2. Nabi Zulkarnaen AS

Arti nama Nabi Zulkarnain adalah "Dia yang Bertanduk Dua". Namanya juga disebutkan di dalam Qur'an. Nabi Zulkarnaen memiliki pemerintah yang hebat dan mampu melawan Yakjuj dan Makjuj. Ia juga memerintah dengan adil dan bijaksana. Ada yang mengaitkan Nabi Zulkarnaen adalah Iskandar Agung (Alexander dari Macedonia). Tapi pendapat ini disangkal sendiri oleh para ulama dan sarjana Islam.

3. Nabi Syith AS

Arti nama Syith adalah "ditempatkan atau ditunjuk". Dalam kitab Kejadian Kitab Suci Ibrani dan Alkitab, kemungkinan ia adalah anak ketiga dari Adam dan Hawa. Ia adalah keturunan Qabil dan Habil. Ia dilahirkan setelah Habil dibunuh oleh Qabil.

4. Nabi Yusha' AS

Nabi membawa umatnya ke jalan yang benar (jodiannemsmith.com)

Yusya’ Bin Nun adalah murid nabi Musa. Ia diberikan hikmah kenabian dan mukjizat. Setelah Nabi Musa wafat, Nabi Yusya’ bin Nun yang membawa Bani Israil ke luar dari padang pasir. Mereka berjalan hingga menyeberangi sungai Yordania dan akhirnya sampai di kota Jerica.

5. Nabi Syam'un AS

Kisah Nabi Syam'un atau disebut juga dengan nama Samson memang ini tidak terdapat dalam Al Quran.  Kisah Syam'un terdapat pada kitab Qisasul Al Anbiya'. Ada kejadian di mana Nabi Muhammad S.A.W. tersenyum sendiri, lalu ditanya oleh sahabatnya, "Apa yang membuatkanmu tersenyum wahai Rasulullah?" Muhammad menjawab, "Diperlihatkan kepadaku hari akhir ketika seluruh manusia dikumpulkan di mahsyar, ada seorang Nabi dengan membawa pedang yang tidak mempunyai pengikut satupun, masuk ke dalam syurga. Beliau adalah Syam'un".

6. Nabi Hagai AS

Nma-nama nabi selain 25 lainnya adalah Nabi Hagai. Hagai adalah salah seorang dari dua belas nabi kecil dan penulis Kitab Hagai. Beliau adalah nabi pertama dari tiga nabi yang hidup pada zaman sejarah Yahudi. Kisahnyanya bermula setelah kepulangan mereka dari pembuangan di Babylon.

7. Nabi Isaiah AS

Nabi Isaiah merupakan salah satu dari 12 nabi kecil Bani Israil yang tidak tercatat namanya dalam Al Quran. Ia memiliki kitab sendiri disebut kitab Yesaya. Nabi Isaiah AS merupakan nabi Judea abad ke-8 SM yang mendeklarasikan bahawa dunia berada dalam kendali Tuhan dan memperingatkan penduduk bahawa negeri mereka akan dimusnahkan jika tidak melaksanakan perintah Tuhan.

8. Nabi Jeremiah AS

Nabi Jeremiah A.S. adalah Nabi kaum Bani Israil. Nama nabi Jeremiah yang sebenar ialah Armia b Hilqiya. Nabi ini diutus oleh Allah kepada Bani Israil di Jurusalem.

9. Nabi Amos AS

Nabi Amos A.S. berasal dari Tekoa. Di dalam Alkitab disebutkan ia menulis kitab Amos. Nabi Amos AS adalah Nabi yang pertama dalam Alkitab yang pesannya dicatat secara terperinci. Beliau berkhutbah kepada orang-orang Israel di kerajaan utara sekitar pertengahan abad ke-8 SM.

10. Nabi Jurjis AS



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"