11 Desember: Disetujuinya UU Westminster, Berikut Fakta-faktanya!

11 Desember: Disetujuinya UU Westminster, Berikut Fakta-faktanya!

Disetujuinya UU Westminster

Apa sih UU Westminter itu? Dalam Bahasa Inggris, ini disebut dengan Statute of Westminster. UU Westminster tahun 1931 ialah undang-undang parlemen yang disetujui dan dikluarin sama Britania Raya pada 11 Desember 2019.

Westminster (canadatotheworld-society.weebly.com)

Undang-undang Westminster sangat penting loh dalam sejarah Inggris. Soalnya ini menandai kebebasan legislatif. Jadi, UU Westminster menjelaskan kekuasaan parlemen Kanada dan kekuasaan negara persemakmuran lainnya. 

Bekas wilayah koloni mendapat kebebasan hukum penuh, kecuali di daerah yang milih buat tetep di bawah Inggris. Lalu apa sih latar belakang kemunculan UU Westminster ini?

UU westminster (revolvy.com)

Sebelumnya pemerintah Inggris punya kekuasaan yang nggak jelas dan mengesampingkan otoritas atas UU yang disahkan negara Dominion (Kanada, Australia, Selandia Baru, dan Afrika Selatan). 

Lalu, abis perang dunia pertama, banyak hal yang berubah. Pengorbanan Kanada dan Dominion di medan perang Eropa bangkitin semangat kebangsaan. Dari situ muncul keinginan buat otonomi yang lebih besar.

Setelahnya, negara seperti Kanada misalnya, telah menegaskan kemerdekaan dalam kebijakan luar negerinya di awal tahun 1920-an. Saat itu, Perdana Menteri William Lyon Mackenzie King menolak bantu pasukan penjajah Inggris di Turki tanpa persetujuan Parlemen di Ottawa. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"