10 Perintah Allah Katolik, Begini Penjelasannya

10 Perintah Allah Katolik, Begini Penjelasannya

Begini penjelasan dari 10 perintah Allah Katolik.

Tahukah kalian terkait 10 perintah Allah Katolik alias Sepuluh Firman Allah, Dasa Titah, atau Dekalog?

Firman ini adalah satu kumpulan prinsip biblika terkait etika dan ibadah, yang memegang suatu peranan penting dalam Yudaisme, Kekristenan, dan Islam gengs.

10 perintah Allah Katolik (godcha.org)

Perintah ini merupakan sebuah instruksi untuk beribadah kepada Allah saja, menghormati orang tua sendiri, dan memelihara hari Tuhan, serta larangan terhadap pemberhalaan, penghujatan, pembunuhan, perzinaan, pencurian, ketidakjujuran, dan hasrat akan hal-hal yang dilarang gengs. 

Mungkin setiap kelompok keagamaan punya tradisi tersendiri dalam melakukan penafsiran dan penomoran perintah-perintah ini.

Di sana disebutkan bahwa kumpulan perintah ini disampaikan oleh Allah kepada bangsa Israel melalui perantaraan Nabi Musa dan ditulis pada kedua loh batu dengan jari Allah.

Sepuluh Perintah Allah tercantum dua kali dalam Alkitab Ibrani dan Perjanjian Lama, pertama di Keluaran 20:2-17, kemudian di Ulangan 5:6-21.

Sebagian kalangan membedakan "Dekalog Etika" itu dengan seri Sepuluh Perintah dalam Keluaran 34 yang dinamakan "Dekalog Ritual".

Menurut Pandangan Katolik

Menurut pandangan Greja Katolik, Yesus membebaskan umat Kristen dari seluruh hukum agama Yahudi, tetapi tidak dari kewajiban mereka untuk memelihara "The Ten Commandements".

Dijelaskan kalau perintah-perintah ini diberikan untuk tatanan moral, sementara kisah penciptaan adalah untuk tatanan alam atau kodrati manusia.

10 commandment (healthandlifestyle.com.ph)

Menurut Katekismus Gereja Katolik

Berdasarkan pemaparan resmi keyakinan Kristiani Gereja Katolik, Sepuluh Perintah Allah dipandang penting untuk pertumbuhan dan kesehatan rohani yang baik. 

Itu juga berfungsi sebagai dasar bagi keadilan sosial. Ajaran Gereja mengenai Sepuluh Perintah Allah utamanya didasarkan pada Perjanjian Lama, Perjanjian Baru, dan tulisan-tulisan dari para Bapa Gereja awal.

Dalam Perjanjian Baru, Yesus mengakui keabsahan perintah-perintah ini dan menginstruksikan murid-murid-Nya untuk melangkah lebih jauh, mensyaratkan suatu kebenaran yang melebihi daripada para ahli kitab dan Farisi.

Di sana ada perintah Tuhan yang mengajak untuk mengasihi Allah dan mengasihi sesama umat manusia gengs.

Berikut ringkasan Teks lengkap Sepuluh Perintah Allah beserta penjelasannya terdapat dalam Katekismus Gereja Katolik seksi 2052-2552.

10 perintah Allah Katolik (thetimes.co.uk)

1. Akulah Tuhan, Allahmu, Jangan menyembah berhala, berbaktilah kepada-Ku saja, dan cintailah Aku lebih dari segala sesuatu.

2. Jangan menyebut Nama Tuhan Allahmu dengan tidak hormat.

3. Kuduskanlah hari Tuhan.

4. Hormatilah ibu-bapamu.

5. Jangan membunuh.

6. Jangan berzinah.

7. Jangan mencuri.

8. Jangan bersaksi dusta tentang sesamamu.

9. Jangan mengingini istri sesamamu.

10. Jangan mengingini milik sesamamu secara tidak adil.

Jadi itulah penjelasan singkat mengenai 10 perintah Allah Katolik gengs. Gimana nih pendapat kalian?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"