10 Perintah Allah dalam Islam Ternyata Bikin Manusia Sadar

10 Perintah Allah dalam Islam Ternyata Bikin Manusia Sadar

Sudah tahukah kamu apa makna 10 perintah Allah? Di Islam pun ada lho.

Tahukah kalian tentang The Ten Commandements? Itu lho 10 perintah Allah, atau dikenal pula dengan istilah Sepuluh Firman Allah, Dasa Titah, atau Dekalog.

Sebenarnya gak cuma di Kitab Taurat dan Injil saja yang memuat Ten Commandements gengs, pasalnya di dalam Al Quran ada pula.

10 perintah Allah (blog.logos.com)

Sebenarnya, di dalam ajaran agama Islam juga ada pokok-pokok ajaran agama yang dalam agama Yahudi dan Nasrani sering disebut 10 Perintah Tuhan alias The Ten Commandements gengs.

Agama Islam, sebagai agama yang benar dan Al Quran sebagai wahyu dan mukjizat yang turun dari Allah SWT, juga memuat Sepuluh Perintah Tuhan aslinya.

Kalau di Islam, dasar ajaran agama ini disebut "Al Wasayaa al-'Asyr" yang artinya juga kurang lebih sama, yaitu Sepuluh Perintah Allah gengs.

Hal ini terdapat pada 2 ayat pada Q.S Al An'am, yaitu ayat 151 dan 152. Buat kamu yang punya Kitab Al Qur'an Tafsir Kementerian Agama RI, coba deh buka Jilid 3, halaman 268 - 274 gengs.

10 perintah Allah (healthandlifestyle.com.ph)

Katakanlah (Muhammad), "Marilah aku bacakan apa yang diharamkan Tuhan kepadamu. Jangan mempersekutukan-Nya dengan apapun, berbuat baik kepada ibu bapak, janganlah membunuh anak-anakmu karena miskin. Kamilah yang memberi rezeki kepadamu dan kepada mereka; janganlah kamu mendekati perbuatan yang keji, baik yang terlihat ataupun yang tersembunyi, janganlah kamu membunuh orang yang diharamkan Allah, kecuali dengan alasan yang benar". Demikianlah Dia memerintahkan kepadamu, agar kamu mengerti.

[ Q.S Al An'aam : 151 ]

Dan janganlah kamu mendekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih bermanfaat,  sampai ia mencapai (usia) dewasa. Dan sempurnakanlah takaran dan timbangan dengan adil. Kami tidak membebani seseorang melainkan menurut kesanggupannya. Apabila kamu berbicara, bicaralah sejujurnya, sekalipun dia kerabat(mu) dan penuhilah janji Allah. Demikianlah Dia memerintahkan kepadamu, agar kamu mengerti.

[ Q.S Al An'aam : 152 ]

Al-Quran (serikatnews.com)

10 Perintah Tuhan dalam agama Islam

1. Dilarang mempersekutukan Allah

2. Diwajibkan berbuat baik kepada kedua orang tua

3. Dilarang membunuh anak-anak karena kemiskinan

4. Dilarang berbuat kejahatan, baik yang terang-terangan maupun tersembunyi

5. Dilarang membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah untuk membunuhnya

6. Dilarang mengganggu harta anak yatim

7. Diwajibkan menyempurnakan takaran dan timbangan

8. Dilarang mengurangi timbangan

9. Diwajibkan berkata adil (jujur) dalam segala hal, terutama dalam soal hukum dan persaksian, meskipun terhadap keluarga sendiri.

10. Diwajibkan menepati janji, baik kepada Allah maupun kepada sesama manusia

Nah dengan bukti ini menunjukan kan kalau Al-Qur'an adalah penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya. Gimana pendapat kalian gengs?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"