10 Januari: Hari Lingkungan Hidup Indonesia, Yuk Biasakan Hal-Hal Ini!

10 Januari: Hari Lingkungan Hidup Indonesia, Yuk Biasakan Hal-Hal Ini!

Hari Lingkungan Hidup Indonesia

Taukah kalian kalo di Indonesia Hari Lingkungan Hidup dirayakan tiap tanggal 10 Januari? Nah, dalam rangka hari spesial nih, kalian kira-kira udah menjaga lingkungan dengan baik belom sih?

Tempat tinggal kita bakalan semakin asri dan nyaman kalo kita pun turut menjaganya. Yuk, kita biasakan hal-hal berikut ini.

1. Buang sampah di tempatnya

buang sampah di tempatnya (bulelengkab.go.id)

Hayo, siapa yang masih buang sampah sembarangan? Sebaiknya kalian mulai buang pada tempatnya deh. Jangan dibuang di sungai, nanti malah bikin banjir. Pisahin juga antara sampah plastik dan sampah organik. 

2. Kurangi konsumsi air kemasan

Sebaiknya kurangi air kemasan deh. Bisa kalian bayangin dong kalo kalian membuang sampah air kemasan tiap harinya. Ini bakal mengotori lingkungan.

Mending kalian punyai tempat air minum yang bisa dipake berkali-kali dan bisa membawa minuman kalian kemana-mana.

3. Hemat air

Yuk hemat air! (grid.id)

Taukah kalian, kalo menurut UNESSCO, akan ada kekurangan air bersih di dunia pada 2030. Makanya, hemat airlah agar hal itu nggak sampai terjadi di wilayah kalian.

4. Menanam pohon atau tanaman di rumah

Kalo punya lahan kosong, coba deh tanami pohon atau tumbuhan dalam pot atau media lainnya. Dengan adanya tanaman di sekitar, kalian akan merasa udara jadi lebih fresh dan bersih.

5. Jaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar

Ini juga salah satu bentuk jaga lingkungan loh. Kalo rumah kalian kotor, lebih baik dibersihin deh. Nggak mau kan ada kuman dan sarang penyakit?

Dengan jaga kebersihan lingkungan, kalian jadi lebih sehat. Kita dapat terhindar dari penyakit kayak malaria dan demam berdarah.

6. Mengurangi penggunaan transportasi



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"