10 Fakta Menarik Planet Merah Mars yang Digadang-Gadang Akan Jadi Tempat Tinggal Alternatif

10 Fakta Menarik Planet Merah Mars yang Digadang-Gadang Akan Jadi Tempat Tinggal Alternatif

Mars adalah topik diskusi konstan bagi penjelajah ruang angkasa di seluruh dunia. Sudah ada lusinan pesawat luar angkasa yang dikirim ke sana untuk mempelajarinya. 

Beberapa ingin astronot mendarat di atasnya. Planet merah ini memang cukup dekat untuk memicu imajinasi kita. Jadi, apa saja hal terpenting yang harus dipelajari tentang Planet Merah?

# Fakta Menarik Tentang Planet Mars

1. Mars Memiliki Air Di Masa Lalu

Air di Planet Mars (republika.co.id)

Faktanya, astronom Percival Lowell salah menafsirkan pengamatan "canali" - kata Italia untuk saluran - di planet ini sebagai bukti kanal buatan alien. 

Ternyata pengamatan Lowell terhambat oleh optik teleskop yang buruk pada masanya, dan kanal yang dilihatnya adalah ilusi optik. Konon, beberapa pesawat ruang angkasa telah melihat tanda-tanda lain dari saluran air purba yang berlekuk di medan dan bebatuan yang hanya bisa terbentuk dengan adanya air, misalnya.

2. Mars Punya Air Beku Saat Ini

Mars memiliki atmosfer tipis yang tidak memungkinkan air mengalir atau tetap dalam jumlah besar di permukaan, tetapi kita tahu pasti bahwa ada es di kutub - dan mungkin lokasi beku di tempat lain di planet ini. Pertanyaannya adalah apakah es mampu mencairkan cukup banyak air di musim panas untuk mendukung mikroba apa pun.

3. Mars Memiliki Dua Bulan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"