Bekal Ramadan: Rekomendasi Makanan Sahur untuk Diet yang Efektif

Penting untuk memilih makanan sahur untuk diet yang tepat demi membantu menjaga keseimbangan nutrisi dan energi selama berpuasa. Simak rekomendasi berikut ini!

Selain sebagai sarana untuk beribadah kepada Allah SWT, puasa pada dasarnya bisa menjadi menjadi alternatif metode diet yang efektif. Dalam hal ini, bagi mereka yang sedang melakukan program diet, sahur adalah waktu yang sangat penting untuk memberikan bekal selama menjalankan puasa

Karenanya, penting untuk memilih makanan sahur untuk diet yang tepat demi membantu menjaga keseimbangan nutrisi dan energi selama berpuasa. Jika dilakukan dengan baik, maka tujuan penurunan berat badan juga akan tercapai dengan mudah. Berikut adalah beberapa rekomendasi menu sahur untuk diet yang sehat dan bergizi.

1. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks adalah sumber energi yang penting untuk memberikan kekuatan dan daya tahan selama berpuasa. Namun, pilihlah karbohidrat kompleks yang memiliki indeks glikemik rendah untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Kebanyakan orang Indonesia mungkin akan menyantap nasi putih, namun coba pertimbangkan sumber karbohidrat lain yang lebih sehat. 

Salah satu pilihan yang disarankan adalah oatmeal, karena merupakan sumber serat yang baik dan dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu, Paralovers juga bisa mempertimbangkan jenis karbohidrat lain seperti nasi merah, roti gandum, quinoa, atau kentang beserta kulitnya. 

2. Protein

Makanan Sahur untuk Diet (via Alodokter)

Protein sangat penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot yang rusak selama puasa. Selain itu, pemilihan protein yang tepat juga akan membantu perut kenyang lebih lama sehingga puasa lebih lancar tanpa khawatir lemas. Pilihlah sumber protein yang rendah lemak dan rendah kalori untuk menjaga berat badan. 

Beberapa pilihan makanan yang sehat untuk menu sahur adalah ikan karena kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung atau ayam panggang (tanpa kulit) yang rendah lemak namun tinggi protein. Kamu juga bisa menyantap daging sapi tanpa lemak, dada ayam, atau telur yang dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Baik kamu sedang diet maupun tidak, selama puasa sebaiknya hindari gorengan. Pasalnya, walaupun mengandung protein tinggi, makanan yang digoreng dapat meningkatkan asupan lemak dan kalori sehingga berdampak pada susah turun berat badan. 

3. Kacang-kacangan

Makanan Sahur untuk Diet (via Alodokter)

Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang baik serta mengandung serat dan nutrisi penting lainnya. Beberapa pilihan kacang-kacangan yang sehat untuk menu sahur adalah tahu, tempe, kacang merah, kacang hijau, dan kacang kedelai yang mengandung protein tinggi dan rendah lemak.

4. Sayuran

Sayuran merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Tambahkan sayuran segar atau rebusan sayuran ke dalam menu sahur untuk meningkatkan asupan serat dan nutrisi. Beberapa pilihan sayuran yang sehat untuk menu sahur adalah brokoli, bayam, wortel, kubis, dan selada. 

5. Buah

Buah merupakan sumber serat dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Konsumsilah buah utuh atau buah yang diolah secara minimal untuk menghindari tambahan gula dan kalori. Pilihan buah yang sehat untuk menu sahur adalah buah-buahan utuh seperti apel, pear, jeruk, atau buah beri. Kamu juga bisa mengonsumsi lemon yang dipercaya dapat membantu membersihkan sistem pencernaan dan memberikan rasa segar.

6. Air Putih

Makanan Sahur untuk Diet (via Jawa Pos)

Selain makanan di atas, jangan lupakan pentingnya mengonsumsi air putih selama sahur untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa. Konsumsilah minimal 8 gelas air putih setiap hari untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Saat sahur, usahakan menghindari minuman yang bersifat diuretik seperti teh atau kopi. Kedua jenis minuman itu memang bisa membantu meningkatkan kinerja otak namun mudah membuat tubuh dehidrasi dan merasa lemas. 

Memilih menu sahur yang sehat dan bergizi adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan dan mencapai tujuan diet  selama bulan puasa. Dengan memperhatikan keseimbangan nutrisi seperti yang disampaikan di atas, kamu bisa tetap bugar dan sehat selama berpuasa, serta membantu mencapai target penurunan berat badan dengan efektif.

Makanan Sahur untuk Diet (via Krakatau Medika)