4 Makanan Indonesia yang Pernah Jadi Peringkat 1 Dunia Versi Taste Atlas

Di antara keragaman makanan Indonesia yang mendunia, ternyata ada makanan yang pernah menjadi makanan peringkat 1 dunia versi Taste Atlas.

Di antara keragaman makanan Indonesia yang mendunia, ternyata ada makanan Indonesia peringkat 1 dunia yang pernah dinobatkan versi Taste Atlas. Mulai dari rendang hingga batagor, makanan-makanan ini memang menjadi favorit di dalam negeri yang sekarang juga lebih dikenal dan dinikmati di mancanegara.

Inilah beberapa kelezatan dari nusantara yang berhasil meraih peringkat tertinggi, mengekspresikan keberagaman rasa dan aroma yang khas, dan menjadikan Indonesia sebagai destinasi kuliner unggulan dunia.

1. Rendang

Rendang, sebuah keajaiban kuliner asal Sumatra Barat, pernah meraih predikat makanan terenak dunia versi Taste Atlas. Dikenal sebagai hidangan daging yang dimasak dalam santan dan bumbu rempah-rempah yang kuat, rendang memiliki cita rasa yang mendalam dan tekstur daging yang lembut.

Keunikan proses memasaknya yang membutuhkan waktu yang lama membuat rendang menjadi salah satu hidangan yang tahan lama dan terenak di dunia

2. Nasi Goreng

Makanan Indonesia Peringkat 1 Dunia (via Grid Kids)

Makanan Indonesia yang juga pernah menempati posisi tertinggi dalam daftar Taste Atlas adalah nasi goreng. Nasi goreng, dengan kekayaan rempah dan keunikan rasa setiap daerah di Indonesia, mampu menggoda lidah siapa pun yang mencicipinya.

Dengan variasi bahan tambahan seperti telur, daging, sayuran, dan kerupuk, nasi goreng muncul dalam berbagai versi yang memikat, membuatnya layak menyandang predikat sebagai makanan terenak peringkat 1 dunia.

3. Batagor

Makanan Indonesia Peringkat 1 Dunia (via Phinemo.com)

Batagor diakui sebagai makanan ringan terlezat di dunia menurut Taste Atlas sampai saat ini. Jajanan ini merupakan olahan ikan yang digoreng dan disajikan dengan saus pedas. Tak jarang, batagor juga diperkaya dengan tambahan kentang, tahu, atau kubis yang direbus.

Hidangan ini menarik karena cara penyajiannya yang unik, dengan dipotong kecil-kecil seukuran sekali gigit, dan disiram dengan bumbu kacang, kecap,sambal, serta semburan perasan jeruk nipis. Batagor bukan sekadar hidangan ringan, tetapi juga sebuah perpaduan harmonis cita rasa yang nikmat dan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

4. Pecel

Makanan Indonesia Peringkat 1 Dunia (via Kompas.com)

Taste Atlas juga pernah mengakui kelezatan pecel sebagai hidangan salad terenak di dunia. Di Indonesia, terdapat beragam olahan pecel yang memikat lidah, antara lain pecel madiun, pecel kecombrang, pecel ndeso, pecel ponorogo, pecel punten, pecel turi, pecel bledek, dan pecel tumpang. Setiap varian pecel pada dasarnya merupakanperpaduan dari sayuran segar yang telah direbus dan disiram dengan sambalkacang.

Indonesia telah membuktikanbahwa keberagaman kuliner dan kekayaan rempah-rempahnya memang layak mendapatkan perhatian dunia. Makanan-makanan Indonesia peringkat 1 dunia versi Taste Atlas ini hanyalah sebagian kecil dari kelezatan yang dapat dinikmati di tanah air. Selamat menikmati keindahan rasa Indonesia yang mendunia!

Makanan Indonesia Peringkat 1 Dunia (via Tokopedia)