Jangan Sampai Lengah! Ini 3 Tips Aman Saat Naik Bus Umum

Saat mengendarai bus umum seringkali kita takut mengalami kecopetan, tetapi ternyata ada tips untuk menghindarinya lho. Gimana ya caranya?

Bus umum adalah salah satu moda transportasi umum yang memiliki banyak penggemar. Bagaimana tidak? Selain cepat, harga tiket bus umum juga jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan moda transportasi lainnya. Namun, sering kali beberapa orang merasa takut untuk bepergian menggunakan bus umum, karena berbagai kasus copet yang kerap terjadi. Makanya, kamu harus tahu tips aman saat naik bus umum agar terhindar dari kejahatan yang bisa saja mengintai di mana dan kapan saja.

Meski tidak semua orang berniat jahat saat naik bus umum, tetapi pencopetan memang kerap dialami para penumpang bus umum. Kalau kamu lebih memilih bus umum sebagai alat transportasi sehari-hari kamu wajib memberikan perhatian ekstra terhadap barang bawaanmu agar tidak menjadi sasaran orang jahat. Agar kamu lebih aman saat naik bus umum, yuk terapkan beberapa tips berikut ini. Simak baik-baik ya!

1. Bawa Barang Seperlunya

Saat naik bus umum usahakan membawa barang seperlunya saja. Jangan membawa terlalu banyak barang, sebab hal tersebut akan menyulitkan kamu mengawasi barang-barang dan bisa menyebabkan penumpang lain terganggu. Selain itu, beberapa barang yang luput dari pengawasanmu bisa saja menjadi sasaran empuk untuk dicuri oleh orang lain.

Tips Aman Naik Bus Umum (via IDN Times)

2. Beri Perlindungan Ekstra

Selain membawa barang seperlunya, saat naik bus umum sebaiknya kamu juga perlu mempertimbangkan untuk menggunakan perlindungan ekstra pada barang bawaan kamu. Kamu bisa menggunakan gembok kecil dengan kunci kode untuk barang-barang kecil.

Sementara itu, untuk barang yang berukuran besar, kamu bisa menyimpannya dalam koper agar lebih aman dan mengurangi risiko kerusakan pada barang. Jangan lupa untuk memberi nama pada barang bawaan agar barang kamu tidak tertukar dengan barang milik penumpang lain.

Tips Aman Naik Bus Umum (via KabarPenumpang)

3. Cek Barang Berulang

Saat naik bus umum, usahakan selalu rutin mengecek barang bawaan kamu sebelum naik bus. Pastikan barang-barang kamu berada di posisi yang sesuai. Saat bus berhenti, kamu bisa mengecek ulang barang-barang kamu untuk memastikan barang kamu tidak ada yang hilang. Selalu tingkatkan waspadamu di mana pun itu dan jangan sampai lengah dengan barang bawaanmu serta situasi di sekitarmu.

Perlu diingat, meski kamu sudah menerapkan tips aman saat naik bus umum, tetapi jangan lupa untuk selalu berjaga-jaga dengan orang di sekitar kamu. Hindari orang-orang yang menurutmu mencurigakan dan jaga jarak aman dengan orang asing. Jangan mudah menerima makanan atau minuman pemberian orang tak dikenal agar kamu terhindar dari kejahatan yang direncana.

Tips Aman Naik Bus Umum (via Selly)