4 Gestur Tubuh Unik di Negara-Negara Asia, Sudah Tahu Belum?

Ternyata setiap negara di Asia memiliki keunikannya sendiri, termasuk beberapa gestur unik. Apa saja kah itu?

Traveling berkeliling Asia tentu sangat menyenangkan. Namun sebelum berangkat, ada baiknya kamu mengenal beberapa gestur tubuh unik di Asia, agar ketika sampai di sana kamu nggak akan salah paham.

Masing-masing negara tentu memiliki ekspresi bahasa lokal tersendiri yang digunakan untuk berkomunikasi. Salah satunya adalah dengan bahasa tubuh atau gestur yang menjadi isyarat, seperti gerakan tangan, kepala, atau mata. Nah, agar kamu nggak salah paham dengan gestur penduduk lokal saat berkeliling Asia, berikut ini beberapa gestur tubuh untuk di negara-negara Asia yang wajib kamu pahami.

1. Menyisakan Makanan di Piring

Di Tiongkok, menyisakan makanan di piring ketika makan adalah hal wajib yang harus dilakukan. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk tata krama untuk menghormati tuan rumah. Di negeri tirai bambu ini, jika kamu menghabiskan makanan sampai bersih artinya kamu masih merasa lapar meski sudah disuguhkan makanan. Seakan-akan kamu ingin menunjukkan pada tuan rumah kalau makanan yang dihidangkan itu kurang. Hal tersebut bisa membuat tuan rumah tersinggung, lho.

2. Memakai Kedua Tangan Saat Menerima Hadiah

Gestur Tubuh Unik di Asia (via Beauty Journal - Sociolla)

Gestur unik selanjutnya yang bisa kamu temui di Asia adalah menerima hadiah dengan menggunakan kedua tangan. Kebiasaan ini bisa kamu lihat ketika kamu berkunjung ke Korea Selatan.

Jika kamu pecinta drama Korea, kamu pasti sering melihat adegan para pemain saling bertukar hadiah yang merupakan kebiasaan orang Korea. Nah, yang perlu dicatat dari kebiasaan ini adalah kamu harus menggunakan kedua tangan saat memberikan dan menerima hadiah tersebut. Hal ini adalah bentuk penghormatan antara pemberi dan si penerima.

3. Menyeruput Mie

Gestur Tubuh Unik di Asia (via Hotcourses Indonesia)

Sejak kecil kita pasti diajarkan untuk tidak bersuara saat makan. Namun di Jepang, penduduk lokal di sana memiliki kebiasaan menyeruput mie atau ramen dengan sangat berisik dan penuh antusias. Mungkin awalnya kamu akan berpikir kalau orang-orang itu tidak sopan. Padahal, menyeruput mie termasuk gestur tubuh unik yang digunakan untuk menghargai makanan dan orang yang memasaknya.

4. Membungkuk di Thailand

Gestur Tubuh Unik di Asia (via Brava Radio)

Di Thailand ada yang namanya gerakan “wai”, yaitu cara menyapa sesama dengan cara membungkuk. Isyarat ramah ini melibatkan kedua telapak tangan di depan dada seperti berdoa, disertai sedikit membungkuk. Semakin rendah busur, semakin besar rasa hormatnya. Di hotel Thailand, tunggu staf memberikan "wai" sebelum membalas, menunjukkan penghargaan terhadap budaya setempat. Upaya ini dihargai oleh penduduk setempat.

Maka dari itu, ada baiknya kamu mengenali beberapa gestur tubuh unik di Asia sebelum berkunjung. Dengan begitu, kamu nggak akan kaget karena melihat kebiasaan yang berbeda dengan di Indonesia.

Gestur Tubuh Unik di Asia (via Slumber Party Hostels)