Terkenal Lezat! Ini 3 Makanan Khas Purwakarta yang Wajib Dicicipi

Ada berbagai makanan lezat di setiap daerah Indonesia, tak terkecuali Purwakarta. Apa saja ya makanan khas Purwakarta?

Berkunjung ke kota pensiun, tentu belum lengkap kalau nggak mencicipi makanan khas Purwakarta yang terkenal akan kelezatannya. Wisata kuliner di kabupaten ini begitu beragam dan tentu saja menawarkan pengalaman tak terlupakan bagi para penikmatnya.

Dari sate hingga soto, setiap hidangan khas Purwakarta ini dijamin selalu berhasil menggoyang lidah dan memanjakan perut yang keroncongan. Bahkan makanan-makanan ini juga disebut sebagai simbol keberagaman kuliner yang ada di Indonesia lho. Penasaran kan makanan khas Purwakarta apa saja yang wajib kamu cicipi kalau berkunjung ke sini? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1. Sate Maranggi

Makanan khas Purwakarta pertama yang wajib kamu cicipi setibanya di kota ini adalah sate maranggi. Makanan yang cukup populer ini memiliki berbagai pilihan yang bisa disesuaikan dengan selera kamu, seperti sate sapi, sate kambing, dan sate ayam. Untuk menikmati sate maranggi di Purwakarta, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat seperti Sate Maranggi Hj Yetti Cibungur, Kampung Sate Maranggi di Plered, dan juga Sate Maranggi Wanayasa.

Makanan Khas Purwakarta (via TEMPO.co)

2. Soto Sadang

Selain sate maranggi, ada pula soto sadang yang nggak kalah lezat dengan sate maranggi. Kuliner soto khas Purwakarta ini terkenal dengan kuah santannya yang gurih dan soto bening yang rasanya begitu segar.

Berbeda dengan makanan yang lain, soto sadang ini memiliki keunikan tersendiri, yakni terletak pada ragam isiannya, seperti daging, ayam, kaki sapi, babat, dan campuran lainnya. Untuk penyajiannya, biasanya soto sadang dihidangkan dengan tambahan emping dan taburan daun bawang yang menambah kenikmatan rasanya. Kuah segarnya pasti bikin ketagihan dan pengen nambah porsi.

Makanan Khas Purwakarta (via Kompas.com)

3. Es Ciming

Setelah mencicipi makanan-makanan berat, kini saatnya mencoba minuman segar khas Purwakarta bernama es ciming. Kuliner legendaris yang sudah ada sejak 1970-an ini, disajikan dalam mangkuk kecil berisi cendol, parutan kelapa, dan kacang hijau yang disiram dengan sirup merah dan susu. Kalau kamu mencicipi es ciming, kamu bisa mengunjungi salah satu tempat yang sudah cukup populer di Purwakarta, yakni Warung Es Ciming di Jl. Jend. Sudirman No. 117, Purwakarta.

Makanan yang dibahas di atas cukup populer dan pastinya bikin ngiler. Wah, Indonesia memang terkenal dengan berbagai macam kuliner yang khas dan pastinya menggugah selera, dan salah satunya adalah makanan khas Purwakarta. Kalau kamu ke kota ini, jangan lupa mampir dan cicipi makanannya ya!

Makanan Khas Purwakarta (via Fimela)