3 Tanda Sunscreen Tidak Bekerja Maksimal, Jangan Terus Dipakai!

Sunscreen adalah salah satu komponen penting skincare, tetapi terkadang tidak bekerja maksimal. Apakah kamu tahu tandanya?

Ada sejumlah tanda sunscreen tidak bekerja maksimal yang wajib banget kamu kenali agar pemakaian tabir suryamu jadi nggak sia-sia. Meski saat ini di Indonesia telah memasuki musim hujan, tetapi bukan berarti kamu boleh melewatkan pemakaian sunscreen. Sebab walau dalam cuaca mendung, sinar ultraviolet tetap ada. Sayangnya sinar UV tidak bisa kamu lihat dan dirasakan, tetapi harus kamu waspadai.

Maka dari itu, kamu harus memastikan bahwa sunscreen yang kamu gunakan bekerja dengan baik di kulit. Nah, biar pemakaian sunscreenmu nggak sia-sia. Berikut ini beberapa tanda kalau tabir surya yang kamu pakai nggak bekerja maksimal.

1. Muncul Masalah Wajah

Tanda pertama sunscreen yang kamu gunakan tidak maksimal adalah muncul masalah pada wajah setelah pemakaian. Misalnya muncul jerawat, kemerahan, bahkan iritasi. Masalah yang muncul tersebut membuktikan kalau sunscreen yang digunakan tidak bekerja dengan baik. Justru membuat iritasi atau gejala alergi.

Tanda Sunscreen Tidak Bekerja Maksimal (via WowKeren)

2. Kulit Terasa Terbakar

Selain muncul masalah pada wajah, tanda lain sunscreen tidak bekerja secara maksimal adalah adanya sensasi terbakar pada kulit setelah pemakaian. Seperti yang diketahui, sunscreen bertugas untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Namun jika sunscreen tersebut justru menimbulkan sensasi terbakar maka produk tersebut tidak bekerja dengan baik dan bisa membahayakan kulitmu.

Tanda Sunscreen Tidak Bekerja Maksimal (via KlikDokter)

3. Sunscreen Luntur

Pernah nggak mengalami sunscreen luntur setelah pemakaian? Hal tersebut merupakan salah satu tanda kalau produk tersebut tidak bekerja secara maksimal pada kulit kamu. Sebab, sunscreen yang bagus akan menyerap ke dalam kulit dan memberikan perlindungan terhadap kulit.

Jika setelah diaplikasikan sunscreen tersebut luntur, artinya sunscreen tidak menyerap ke dalam kulit dan tidak bisa memberikan perlindungan maksimal.

Itu adalah beberapa tanda sunscreen tidak bekerja maksimal yang wajib banget kamu pahami. Dengan begitu, kamu bisa segera mengganti tabir surya dengan merk lain yang sesuai dengan kulitmu, agar pemakaiannya tidak menjadi sia-sia.

Tanda Sunscreen Tidak Bekerja Maksimal (via Kompas Lifestyle)