Bikin Otak Cerdas, Ini 4 Manfaat Story Telling untuk Anak

Ternyata ada banyak manfaat story telling untuk anak lho jika orang tua mau melakukan kebiasaan tersebut. Apa saja?

Bercerita atau story telling pada anak sebelum tidur memang sudah menjadi kebiasaan sebagian orang. Tidak hanya menumbuhkan kedekatan orang tua dan anak, namun ternyata ada banyak manfaat story telling untuk anak lho jika orang tua mau melakukan kebiasaan tersebut.

Peristiwa yang diceritakan dalam sebuah cerita membuat akan memiliki pengalaman lain yang bisa dia gunakan sebagai referensi untuk memecahkan sebuah masalah atau mengubah perilaku dalam tumbuh kembangnya. Nah, buat kamu yang belum memiliki kebiasaan bercerita pada anak. Yuk simak apa saja manfaat story telling untuk anak berikut ini!

1. Keterampilan Bahasa Meningkat

Manfaat pertama story telling adalah dapat meningkatkan keterampilan bahasa si Kecil. Tentu saja, hal ini disebabkan si Kecil banyak mendengar kosakata baru dengan berbagai bentuk kalimat. Sehingga di Kecil bisa memahami struktur bahasa, kosakata, dan tahu bagaimana cara menyusun kalimat dengan benar.

2. Meningkatkan Kreativitas

Manfaat Story Telling untuk Anak (via Alodokter)

Tahu nggak sih, kalau peristiwa dalam cerita yang disampaikan dapat membuat anak berimajinasi. Mereka jadi bisa membayangkan dunia lain yang berbeda dengan karakter dan lingkungan yang berbeda pula. Dari imajinasi itulah anak-anak bisa menjadi kreatif.

3. Mengajarkan Nilai Kehidupan

Manfaat Story Telling untuk Anak (via Grid)

Setiap cerita anak biasanya memiliki pesan moral kehidupan. Karena itu, dengan rutin bercerita pada anak, maka secara otomatis anak jadi bisa belajar nilai-nilai moral dalam kehidupan. Mereka jadi tahu mana yang benar dan mana yang salah.

4. Mengurangi Stres Pada Anak

Manfaat Story Telling untuk Anak (via Halodoc)

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun juga bisa mengalami stres lho. Karena itu, dengan membacakan cerita pada anak setiap sebelum tidur, maka mereka akan merasa nyaman dan aman, sebab mereka tahu orang tuanya berada di sampingnya.

Sekarang sudah tahu kan apa saja manfaat story telling untuk anak? Jadi jangan malas ya kalau anak meminta untuk bercerita sebelum tidur. Kesabaran dan ketelatenanmu hari ini akan jadi awal untuk masa depan cerah mereka.

Manfaat Story Telling untuk Anak (via Klub Wanita)