Lebih Mudah dan Efektif, Begini Tips Melakukan Detoks Digital

Tips melakukan detoks digital penting banget diketahui demi menjaga kesehatan fisik dan mental. Yuk simak ulasan berikut ini!

Tips melakukan detoks digital penting banget diketahui demi menjaga kesehatan fisik dan mental. Tidak dipungkiri bahwa saat ini teknologi digital memang sangat membantu kegiatan kita sehari-hari, mulai dari mendapatkan informasi hingga transportasi. Bahkan saking mengakarnya dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat modern bakal merasa tidak mungkin lepas dari pengaruh dunia digital.

Meski begitu, kita juga perlu melakukan detoks digital agar tidak memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Paparan bluelight saat melakukan akses digital melalui gadget, ancaman terhadap postur tubuh, hingga cyberbullying bakal memberikan pengaruh buruk terhadap fisik dan mental. Lantas, bagaimana cara melakukan detoks digital? Agar detoks digitalmu tidak terganggu hal apapun, coba lakukan beberapa tips berikut ini.

1. Matikan Notifikasi Ponsel

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar kamu tidak bolak-balik melihat ponsel adalah dengan cara mematikan notofikasinya. Mengutip Health, membiarkan diri terganggu notifikasi sebanyak lima kali dalam waktu setengah jam, akan membuatmu mudah tidak fokus. Karena itu, agar kamu lebih fokus dengan apa yang kamu lakukan, sebaiknya matikan notifikasi pada ponsel.

Tips Melakukan Detoks Digital (via Zulfirman)

2. Jauhkan Ponsel Saat Sedang Melakukan Kegiatan Lainnya

Cara kedua agar detoks digitalmu berhasil, kamu wajib menjauhkan ponsel jika sedang melakukan kegiatan lainnya. Seperti berbicara dengan orang lain atau mengerjakan pekerjaan kantor. Sebab semakin dekat posisi ponsel dengan kamu, maka fokusmu hanya akan terpusat pada ponsel. Bahkan layar ponsel yang tiba-tiba menyala saja bisa mengurangi kualitas kegiatan yang sedang kamu lakukan.

Tips Melakukan Detoks Digital (via BBC)

3. Jauhkan Kamar dari Peralatan Elektronik

Menggunakan alarm ponsel sebagai pengingat saat pagi memang sudah sering dilakukan. Banyak orang yang menganggap hal ini lebih praktis dan mudah agar tidak kesiangan dan terlambat menjalani aktivitas.

Padahal, menggunakan alarm ponsel akan membuatmu tergoda untuk memainkannya terlebih dahulu sebelum meletakkannya di samping tempat tidur. Dengan begitu, kualitas tidurmu akan terganggu. Jadi ada baiknya gunakan jam weker agar kualitas tidurmu tetap terjaga.

Tips Melakukan Detoks Digital (via Okezone)

4. Terapkan Offline Weekend

Terakhir, sebaiknya kamu mulai menerapkan offline weekend alias menghabiskan akhir pekan tanpa menyentuh teknologi digital. Kamu bisa memanfaatkan akhir pekan dengan membaca buku, berkumpul bersama keluarga, bermain bersama anak, atau bertemu dengan teman-teman lama.

Nah, itu tadi beberapa tips melakukan detoks digital yang bisa kamu terapkan untuk menjaga kesehatan mental. Melakukannya secara teratur agar membantumu tetap berpikir jernih tanpa harus benar-benar meninggalkan dunia maya. Selamat mencoba!

Tips Melakukan Detoks Digital (via Expert Employee)