Baik untuk Tulang dan Mata, Ini 4 Manfaat Telur Setengah Matang Jika Dimasak dengan Benar

Tahukah bahwa bahwa ternyata ada banyak manfaat telur setengah matang untuk kesehatan? Apa saja ya? Yuk simak ulasannya berikut ini!

Umumnya telur akan dimasak hingga matang sempurna untuk campuran berbagai makanan. Tapi sebagian orang lebih suka dengan telur yang dimasak setengah matang. Bukan hanya karena teksturnya yang lebih lembut, namun ternyata ada banyak manfaat telur setengah matang untuk kesehatan lho.

Sebagai informasi, telur merupakan super food karena kandungan nutrisinya yang lengkap. Seperti protein, vitamin, zat antioksidan, lemak, fosfor, dan selenium. Karena itu, mengonsumsi telur dengan porsi yang tepat sangat dianjurkan, terutama pada anak-anak.

Meski demikian, banyak masyarakat yang khawatir jika bakteri Salmonella dalam makanan mentah bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Karenanya, pastikan dulu telur sudah dipasturisasi sebelum disajikan setengah matang. Lantas untuk telur setengah matang, apa saja manfaatnya?

1. Meningkatkan Massa Otot

Mengutip laman Alodokter, telur setengah matang ternyata bermanfaat untuk meningkatkan massa otot. Sebab kandungan protein dalam telur baik untuk otot. Namun tentu saja harus diimbangi dengan latihan angkat beban agar otot semakin kuat.

2. Menguatkan Tulang

Manfaat Telur Setengah Matang (via Suara)

Selain meningkatkan massa otot, kandungan protein dan vitamin D dalam telur juga dapat menguatkan tulang. Sehingga risiko terkena osteoporosis dan patah tulang menurun. Tapi jangan lupa untuk tetap melakukan olahraga secara rutin, serta melakukan pemanasan dan pendinginan lebih dulu agar tidak cedera.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat Telur Setengah Matang (via IDN Times)

Manfaat telur setengah matang selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Manfaat tersebut bisa kamu dapatkan karena telur mengandung lutein dan zeaxanthin yang dapat mengurangi risiko terkena penyakit mata yang dipengaruhi usia.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat Telur Setengah Matang (via HonestDocs)

Siapa sangka kalau telur dapat membantu menurunkan berat badan? Ternyata kandungan protein dalam telur setengah matang dapat memberikan efek kenyang lebih lama dan menekan rasa lapar. Dengan begitu, asupan dalam tubuhmu jadi berkurang.

Nah, itu tadi beberapa manfaat telur setengah matang untuk kesehatan. Kamu bisa mencobanya sebagai alternatif menu sarapan agar tetap bugar saat beraktivitas seharian. Jadi kamu lebih suka telur yang matang sempurna atau setengah matang?

 

Manfaat Telur Setengah Matang (via Bali News)