Sudah Pernah Coba Deretan Buah Langka di Indonesia Ini?

5 buah langka di Indonesia, sudah pernah coba?

Indonesia dengan keberagaman pulau, daerah, wilayah, hingga letaknya yang berada di garis khatulistiwa membuat negara ini menjadi salah satu negara dengan wilayah tersubur. Maka tak heran jika Indonesia disebut dengan negara agraris. 

Jika ditelusuri lagi, ada banyak hewan, tumbuhan, sayuran, hingga buah-buahan yang ada di Indonesia. Kamu sudah tahu beberapa buah di bawah ini belum? Yuk kenalan dulu dengan buah-buahan yang langka di Indonesia inil. 

Lobi-Lobi 

Buah ini biasanya cocok dijadikan rujak, asinan, manisa, dan selai. Mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. 

Lai 

(perutgendut.com)

Pecinta durian pasti familiar dengan yang satu ini. Buah asal Kalimantan Timur ini memang satu kerabat dengan durian, porsi dagingnya sekitar 20-40 persen berwarna oranye dengan tekstur agak kering dan halus. 

Manggis Putih

(wikipedia.org)

Manggis langka satu ini harganya cukup mahal dan banyak dijumpai di daerah Lingsor, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Kemunting 

(masirul.com)

Pohon yang biasanya tumbuh di atas bukit dan berbentuk lonjong panjang dengan diameter 1-1,5cm ini mengandung banyak serat, rasanya manis dan sering dijadikan pai atau selai. 

Manau 

(flickr.com,rini abdullah)

Buah dari pohon rotan yang tumbuh di Bangka, Belitung, hingga Kalimantan ini tampak seperti salak dengan ukuran kecil. Rasanya tidak manis dan cenderung pahit sepat. Biasanya diolah menjadi asinan. 

(tanamanlangka.com)