5 Band Indonesia Ini Pernah Ganti Nama Di Tengah Popularitas, Nomor 3 Gak Banyak Yang Tahu

5 Band Indonesia berikut pernah mengganti nama di tengah popularitasnya, salah satunya Armada.

Nama bagi sebuah band tentu menjadi sesuatu yang sebenarnya sangat penting. Selain jadi identitas, nama yang bagus dan keren bakal jadi kebanggaan tersendiri. Tapi ada kalanya, sebuah band dihadapkan dengan kondisi yang mengharuskan mereka berganti nama.

Hal ini tentu sangat disayangkan, apalagi pergantian nama band itu dilakukan setelah mereka mulai dikenal luas. Namun, ada beberapa faktor yang melatarbelakangi keputusan ganti nama itu. Lantas apa saja band yang pernah ganti nama di tengah popularitasnya? Scroll yuk!

1. NOAH

Popularitas band asal Bandung ini tak perlu diragukan lagi. Band yang kini digawangi Ariel, Lukman dan David ini terbilang sebagai salah satu band tersukses di Tanah Air. NOAH diketahui nama baru dari band yang terbentuk tahun 2000 ini. Sebelumnya, NOAH memiliki nama PETERPAN. 

Tapi gesekan sempat terjadi saat dua personel memutuskan keluar dan mempermasalahkan nama band. Akhirnya, PETERPAN menutup perjalanannya lewat konser bertajuk Sebuah Nama Sebuah Cerita dan menyambut NOAH sebagai nama baru bandnya di tahun 2012. NOAH sendiri punya arti comforter, peaceful dan long life.

2. NTRL

NOAH (Instagram)

Polemik soal nama band juga sempat dialami trio musisi Eno, Coki dan Bagus NTRL atau yang sebelumnya dikenal Netral. Mereka sempat berselisih terkait nama dengan personel lama yang keluar. Di mana, mereka mengklaim sebagai pencetus nama Netral.

Karena tak ingin memperpanjang urusan apalagi terkait pembayaran royalti, band rock alternatif ini akhirnya memutuskan untuk mengganti nama band dan mengusung nama NTRL sejak tahun 2015 lalu sampai sekarang. Ketiga personel yang tersisa pun terlihat semakin kompak.

2. Armada

NTRL (Instagram)

Pergantian nama band ini mungkin belum banyak yang tahu. Padahal ternyata, band yang identik dengan sebutan para fansnya Pasukan Armada ini sebelumnya pernah tenar dengan nama Kertas Band dengan lagu andalannya, Kekasih Yang Tak Dianggap yang dirilis 2006. 

Namun setelah mengalami kasus royalti yang tak tebayarkan, band asal Palembang ini akhirnya mengubah nama jadi Armada band di tahun 2008. Nama Armada sendiri diambil dari gabungan nama–nama personil yaitu Adith (drum), Rizal (vokal), Endra (bass), dan Radha (gitar). 

4. Vierratale

Armada Band (Instagram)

Mengawali karier dengan nama Vierra, band asal Jakarta ini sempat berada di puncak popularitas di era 2010an. Dengan gaya musik, vokal dan fashion yang unik, mereka mendapat tempat tersendiri di hati fans. Namun pada 8 Februari 2013, Vierra mengumumkan nama baru mereka yakni Vierratale. 

Di mana, nama itu diambil dari Fairytale yang berarti dongeng. Perubahan nama ini sendiri karena para personel Vierra merasa kecewa pada pihak label, Musica Studio's yang terkesan menelantarkan mereka. Akhirnya, Vierra mundur dari label dan masuk ke label Aprilio Kingdom yang dipimpin oleh Kevin Aprilio sendiri.

5. Govinda

Vierratale (Instagram)

Band Govinda ternyata bukan nama awal dari band yang terbentuk pada 7 Oktober 2008 ini. Sebelumnya, band ini dikenal dengan nama Domino. Tapi akhirnya nama itu diubah karena punya makna negatif di Indonesia. Selain itu, pergantian nama band ini juga dilakukan setelah Govinda pindah label musik dari Java Musikindo ke Nagaswara. 

Nama Govinda pun dipilih karena dianggap memiliki arti serupa dengan nama sebelumnya. Diambil dari bahasa Yunani, Domino memiliki arti yang maha tinggi. Sementara Govinda dalam bahasa India juga punya arti yang sama yakni dewa kemakmuran. Adapun nama Govinda merupakan usulan dari Jeje.

Govinda (Instagram)