5 Makanan Khas Thailand yang Populer di Indonesia, Pernah Coba Nggak?

Banyak makanan khas Thailand yang populer di Indonesia karena disebut enak dan kaya rempah. Apa saja? Yuk simak ulasan berikut ini!

Sejumlah negara di Asia memang terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat sehingga membuat siapa saja ingin mencicipinya, salah satu makanan khas Thailand yang populer di Indonesia. Makanan-makanan ini disebut enak dan kaya rempah. Jadi nggak heran kalau cocok dengan lidah orang Indonesia. Lantas, makanan khas Thailand apa saja yang disukai orang Indonesia bahkan populer di Negeri Seribu Candi ini? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

Sejumlah negara di Asia memang terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat sehingga membuat siapa saja ingin mencicipinya, salah satu makanan khas Thailand[1] yang populer di Indonesia. Makanan-makanan ini disebut enak dan kaya rempah. Jadi nggak heran kalau cocok dengan lidah orang Indonesia. Lantas, makanan khas Thailand apa saja yang disukai orang Indonesia bahkan populer di Negeri Seribu Candi ini? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1. Tom Yum

Tom Yum merupakan makanan berkuah khas Thailand yang cukup populer di Indonesia. Rempahnya yang kuat membuat siapa saja yang mencicipi Tom Yum, maka mereka bisa merasakan sensasi pedas, asam, dan asin yang pecah di mulut. Untuk isiannya sendiri bermacam-macam, mulai dari udang, ayam, ikan, atau makanan laut yang dicampur dengan jamur dan sayuran.

2. Pad Thai

Makanan Khas Thailand (via Resep Kue Renyah)

Makanan khas Thailand selanjutnya adalah Pad thai yang biasanya disadjikan sebagai street food atau restoran lokal di Thailand. Makanan ini terbuat dari mie berbahan dasar tepung beras yang berbentuk mirip seperti kwetiau. Untuk isiannya sendiri, makanan yang dimasak dengan cara ditumis ini berisi telur, tahu, saus ikan, dan udang kering.

3. Khao Pad

Makanan Khas Thailand (via Okezone)

Selanjutnya ada Khao Pad yang merupakan nasi goreng khas Negeri Gajah Putih. Dalam bahasa Thai, khao berarti "nasi" dan phat berarti "atau terkait dengan menumis. Seperti nasi goreng pada umumnya, Khao Pada dibuat dengan bahan-bahan seperti nasi, telur, bawang putih, saus tiram, saus kecap, garam dan gula. Untuk lauknya, orang Thailand menggunakan udang dan jeruk nipis sebagau tambahan sari buahnya.

4. Tom Kha Gai

Makanan Khas Thailand (via Okezone)

Terakhir ada Tom kha gai yang merupakan sup khas Thailand yang dibuat dari campuran cabai, santan, daun jeruk, jamur, dan jeruk nipis. Karena itu, sekali suap kamu bisa merasakan sensasi kuah yang segar, pedas, dan asam sekaligus.

5. Pad Kra Pao

Makanan Khas Thailand (via Cookpad)

Pad Kra Pao adalah hidangan khas Thailand yang terkenal dengan rasa pedas dan aromatik. Terbuat dari daging cincang seperti daging sapi, ayam, atau babi yang dimasak dengan saus pedas, bawang putih, dan daun kemangi.

Hidangan ini sering disajikan di atas nasi dan ditambahkan telur mata sapi di atasnya. Rasanya yang lezat dan pedas membuat Pad Kra Pao menjadi pilihan favorit di meja makan Thailand namun cocok dengan lidah orang Indonesia

Nah, itu tadi beberapa makanan khas Thailand yang populer di Indonesia. Mungkin karena cita rasanya yang masih nyambung dengan lidah Nusantara, banyak orang Indonesia yang suka menikmatinya. Kalau kamu pernah coba makanan yang mana?

Makanan Khas Thailand (via Food & Wine)