Kebutuhan Makin Melonjak, Begini Cara Mengatasi Dampak Stres Finansial

Bagaimana cara mengatasi stres finansial akibat himpitan ekonomi? Coba simak beberapa tips berikut ini!

Stres finansial adalah beban psikologis yang muncul akibat tekanan finansial atau ketidakpastian dalam hal keuangan. Kebutuhan yang makin mendesak tanpa dibarengi kemampuan keuangan jelas membuat seseorang merasakan beban sangat berat. Kondisi ini memang cukup menyiksa, dan seringkali tak bisa diatasi dengan cepat. Apakah kamu juga pernah atau sedang mengalaminya?

Tidak sedikit orang yang melakukan perbuatan nekat demi keluar dari himpitan ekonomi. Namun meskipun stres finansial dapat memiliki dampak serius pada kesehatan mental, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi dan mengurangi dampaknya. Berikut ulasannya, sebagaimana dilansir dari Healthline:

1. Lakukan Aktivitas Relaksasi

Masalah keuangan pada dasarnya bisa dialami oleh siapa saja, bahkan saat kamu telah merencanakan semua dengan baik. Banyak ketidakpastian dalam hidup yang bisa membuat seseorang terjatuh dan terpuruk. Dalam hal ini, stres finansial juga melibatkan merawat kesehatan mental secara keseluruhan.

Karenanya, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengelola emosi dan kondisi mental. Lakukan aktivitas relaksasi seperti meditasi, yoga, berjalan-jalan, atau hal yang kamu suka untuk membantu meredakan stres. Meski demikian, pastikan kamu tetap tahu batas dan jangan menghamburkan banyak uang lagi agar tidak menimbulkan masalah lain.

2. Evaluasi Lagi Sistem Keuanganmu

Cara Mengatasi Stres Finansial (via Superlive)

Setelah melakukan relaksasi dan merasa lebih baik, maka saatnya untuk merenung dan berpikir dengan jernih. Yakinlah bahwa setiap masalah bisa diselesaikan dengan baik. Analisa kembali apa yang terjadi, kemudian cobalah membuat rencana keuangan yang realistis dapat membantu mengatasi rasa cemas dan ketidakpastian. Prioritaskan pengeluaran, buat anggaran, dan rencanakan cara untuk mengelola utang.

3. Berbicara dengan Ahli Keuangan

Cara Mengatasi Stres Finansial (via Okezone)

Tidak semua orang punya kemampuan mengelola keuangan dengan baik, apalagi saat dalam kondisi terpuruk. Jika perlu, konsultasikan masalah keuanganmu dengan seorang ahli keuangan atau konselor keuangan. Mereka dapat memberikan saran dan panduan yang membantu mengatasi masalah keuangan dengan lebih efektif.

4. Cari Dukungan Emosional

Cara Mengatasi Stres Finansial (via Asuransi Mag)

Berbicara terbuka dengan pasangan dan keluarga tentang stres finansial dapat membantu membagi beban dan mencari solusi bersama. Jika merasa cemas atau terbebani, jangan ragu untuk mencari dukungan dari teman, keluarga, atau profesional kesehatan mental.

5. Fokus pada Hal Positif

Cara Mengatasi Stres Finansial (via Ibupedia)

Meskipun sulit, mencoba fokus pada aspek positif dalam hidup dapat membantu mengurangi stres. Menghargai apa yang dimiliki dan merencanakan langkah-langkah ke depan dapat meningkatkan kesejahteraan mental.

Demikian beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Dalam menghadapi stres finansial, penting untuk mengakui perasaanmu dan mencari bantuan ketika diperlukan. Menjalani perubahan keuangan yang positif dan mencari cara untuk mengatasi stres finansial[2] adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan mentalmu.

Cara Mengatasi Stres Finansial (via HSBC Indonesia)