Tau Gak Sih, Terlalu Sering Konsumsi Makanan Asin Bisa Berdampak Buruk Pada Kesehatan Organ Dalam!

Tau Gak Sih, Terlalu Sering Konsumsi Makanan Asin Bisa Berdampak Buruk Pada Kesehatan Organ Dalam!

Selera makan setiap orang pasti berbeda-beda, ada yang suka dengan makanan manis, ada yang suka pedas, ada pula yang suka asin. Banyak penelitian kesehatan yang mengatakan bahwa resiko penyakit bisa dilihat dari apa yang kita makan.

Kebanyakan orang masih percaya bahwa hanya makanan manis saja yang bisa berdampak buruk kepada kesehatan. Namun faktanya, ternyata mengonsumsi makanan dengan kadar garam yang terlalu banyak juga berpotensi buruk pada kesehatan.

Bila mengonsumsi makanan asin secara berlebihan, akan ada sederet efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Apa saja? Berikut 7 efek sampingnya bagi kesehatan dari terlalu banyak mengonsumsi makanan asin:

1. Menambah Berat Badan

Kebanyakan orang mungkin pernah merasakan hal ini, menginginkan makanan asin atau gurih setelah selesai menyantap sebuah hidangan. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan di Deakin University. Para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi garam berlebih dapat membuat kamu mendambakan lebih banyak makanan berlemak.

2. Merasa Kembung

https://www.pexels.com/

Sebuah studi di The American Journal of Gastroenterology menemukan bahwa kembung lebih sering terjadi pada mereka yang makan makanan tinggi sodium dibandingkan mereka yang makan makanan rendah sodium. Jadi, sebelum kamu ngemil jajanan yang relatif asin, mungkin kamu perlu mempertimbangkan efek lagi bagi kesehatan.

3. Berpotensi Menimbulkan Jerawat

https://www.pexels.com/

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang berjerawat umumnya mengonsumsi lebih banyak makanan asin dibandingkan dengan orang bebas jerawat yang tidak mengonsumsi asupan tinggi garam.

4. Ginjal Kronis

https://www.pexels.com/

Mengonsumsi makanan dengan asupan natrium yang tinggi dapat dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah atau hipertensi. Penyakit ginjal kronis dan hipertensi saling berhubungan satu sama lain. Ginjal memiliki peran penting dalam metabolisme garam dalam tubuh. Terlalu banyak garam membuat ginjal harus bekerja ekstra untuk menyaring natrium dan mengeluarkannya dari tubuh lewat urine.

5. Penyakit Jantung

https://www.pexels.com/

Jantung harus memompa lebih keras akibat asupan garam berlebih, Anda juga menjadi lebih rentan mengalami penyakit jantung. Bahaya garam berupa penyakit jantung memang berhubungan erat dengan kondisi darah tinggi. Hampir dua per tiga dari seluruh kasus stroke dan setengah dari kasus penyakit jantung, disebabkan oleh hipertensi.

https://www.pexels.com/