Tinggi Badan Perempuan Sesuai Umur, Kamu Termasuk Ideal Nggak?

Jika pertumbuhan anak berbeda dengan yang lain walaupun usianya sama biasanya para orang tua langsung khawatir, lalu berapakah idealnya tinggi badan perempuan sesuai umur?

Tinggi badan termasuk salah satu patokan pertumbuhan anak yang menjadi perhatian para orang tua. Jika berbeda dengan anak-anak lainnya, biasanya langsung khawatir. Lantas, berapa tinggi badan  perempuan sesuai umur?

Sebuah studi menunjukkan bahwa unsur utama yang mempengaruhi tinggi badan seseorang adalah faktor genetik. Faktor lainnya adalah pola makan, olahraga, dan gaya hidup. Maka dari itu, tinggi badan orang Asia tidak sama dengan tinggi badan orang Eropa.

Selain itu, ternyata jenis kelamin juga berpengaruh terhadap tinggi badan seseorang, lho. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 28 Tahun 2019, berikut ini idealnya tinggi badan perempuan sesuai umur masing-masing.

1. Umur 1-3 tahun: 92 cm.

2. Umur 4-6 tahun: 113 cm.

3. Umur 7-9 tahun: 130 cm.

4. Umur 10-12 tahun: 147 cm.

5. Umur 13-15 tahun: 156 cm.

6. Umur 16-29 tahun: 159 cm.

7. Umur 30-64 tahun: 158 cm.

8. Umur 65-80 tahun: 157 cm.

Tinggi Badan Perempuan Sesuai Umur (via Glamour.com)

Seperti yang kita tahu, pertumbuhan perempuan dan laki-laki berbeda ketika menginjak usia 10 tahun. Awalnya sama, kemudian laki-laki mengalami kenaikan tinggi badan yang lebih drastis. Maka dari itu, tinggi badan ideal bisa dicapai dengan melakukan beberapa hal ketika masa pertumbuhan.

Menurut Healthline, hal yang bisa dilakukan adalah olahraga rutin untuk menghasilkan hormon pertumbuhan dan menjadikan otot dan tulang kuat. Olahraga yang bisa dilakukan seperti lompat tali, bersepeda, basket, push-up, berenang.

Tinggi Badan Perempuan Sesuai Umur (via IDN Times)

Tinggi badan ideal juga bisa dimiliki dengan cara menjaga postur tubuh agar tidak memiliki risiko badan bungkuk nantinya. Postur tubuh dapat dijaga ketika tidur, duduk, dan berdiri.

Hal terakhir untuk memiliki tinggi badan  perempuan sesuai umur yang ideal adalah tidur yang cukup agar tubuh bisa memproduksi hormon pertumbuhan dengan maksimal. Untuk remaja, tidur 8 sampai 10 jam sehari sudah jadi kewajiban.

Tinggi Badan Perempuan Sesuai Umur (via Dijelas in)