Mengenal Lebih Jauh Tentang Kode Wadah Plastik yang Aman untuk Digunakan

Kode wadah plastik makanan telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Yuk cari tahu apa maksudnya!

Kode wadah plastik makanan telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Setiap kali kita membeli produk makanan atau minuman dalam kemasan plastik, kita pasti akan melihat adanya kode di bagian bawah wadah tersebut.

Kode ini memberikan informasi tentang jenis plastik yang digunakan dalam pembuatan wadah tersebut. Karena itu, penting untuk mengenal lebih dalam beberapa kode wadah plastik yang umum ditemukan, termasuk PETE, HDPE, dan beberapa jenis lainnya seperti terangkum dalam informasi berikut ini:

1. PETE (Polyethylene Terephthalate) - Kode 1

Kamu mungkin sering menemukan kode wadah plastik 1 di bawah botol minuman atau wadah makanan ringan. Kode ini menunjukkan bahwa wadah tersebut terbuat dari PETE atau Polyethylene Terephthalate.

PETE adalah jenis plastik yang banyak digunakan untuk kemasan makanan dan minuman karena sifatnya yang tahan terhadap air, ringan, dan mudah dibentuk. Namun, penting untuk diingat bahwa PETE tidak boleh digunakan kembali atau dipanaskan berulang kali, karena dapat menyebabkan pelepasan zat kimia ke dalam makanan atau minuman.

2. HDPE (High-Density Polyethylene) - Kode 2

Kode Wadah Plastik (via Suara)

Kamu akan menemukan kode 2 pada banyak botol susu, botol saus, atau wadah makanan bertekstur keras lainnya. Kode ini menandakan bahwa wadah tersebut terbuat dari HDPE atau High-Density Polyethylene.

HDPE dikenal karena kekuatannya yang tinggi, tahan terhadap suhu rendah, dan daya tahan terhadap berbagai bahan kimia. Wadah plastik HDPE biasanya lebih aman untuk digunakan ulang, terutama jika digunakan sesuai dengan petunjuk.

3. PVC (Polyvinyl Chloride) - Kode 3

Kode Wadah Plastik (via Toling Corporation (M) Sdn Bhd)

Kode 3 menunjukkan bahwa wadah plastik terbuat dari PVC atau Polyvinyl Chloride. Namun, PVC jarang digunakan untuk wadah makanan langsung karena dapat mengandung bahan kimia berbahaya saat dipanaskan. Oleh karena itu, lebih baik menghindari penggunaan PVC dalam konteks makanan dan minuman.

4. LDPE (Low-Density Polyethylene) - Kode 4

Kode Wadah Plastik (via Lamudi)

LDPE atau Low-Density Polyethylene, ditandai dengan kode 4, digunakan dalam pembuatan wadah plastik yang lebih fleksibel, seperti kantong belanja plastik (kresek) atau wadah penyimpanan makanan yang lebih lunak. Wadah plastik LDPE umumnya lebih aman untuk penggunaan sekali pakai, dan dalam beberapa kasus, bisa digunakan kembali.

5. PP (Polypropylene) - Kode 5

Kode Wadah Plastik (via Trade India)

Kode 5 mengindikasikan penggunaan Polypropylene atau PP dalam wadah plastik. PP memiliki sifat tahan panas dan tahan terhadap lemak, membuatnya cocok untuk wadah makanan yang harus tahan terhadap suhu tinggi atau berisi makanan berlemak dan bisa digunakan berulang kali.

6. PS (Polystyrene) - Kode 6

Kode Wadah Plastik (via Everyday Recycler)

Wadah plastik yang terbuat dari Polystyrene atau PS ditandai dengan kode 6. PS umumnya digunakan untuk wadah makanan sekali pakai seperti tempat makan styrofoam atau tempat telur. Bahan ini mulai ditinggalkan menjadi tempat makanan karena memiliki potensi melepaskan zat karsinogen jika bahan ini kontak dengan makanan panas.

7. Other (Lainnya) - Kode 7

Kode Wadah Plastik (via Dictio Community)

Kode 7 digunakan untuk mengidentifikasi jenis plastik lainnya yang tidak termasuk dalam kategori-kategori sebelumnya. Sebaiknya hindari menggunakan jenis plastik ini untuk makanan atau minuman karena bisa menghasilkan racun Bisphenol-A (BPA) yang bisa membuat kerusakan pada beberapa organ dan mengganggu hormon tubuh. Kecuali ada keterangan seperti BPA-free plastics yang bisa aman digunakan.

Itulah 7 kode wadah plastik yang ada di pasaran. Dalam penggunaan sehari-hari, penting untuk memahami kode-kode ini agar kita dapat membuat keputusan yang lebih bijaksana dalam menggunakan wadah plastik. Mengutamakan keselamatan diri dan lingkungan dalam pemilihan dan penggunaan wadah plastik adalah langkah penting untuk mendukung gaya hidup yang berkelanjutan

Kode Wadah Plastik (via Discover Magazine)