Tips Menggunakan Metode Food Preparation untuk Bahan Sayur Agar Enggak Cepat Busuk

Yuk aplikasikan metode food preparation untuk bahan sayur agar enggak cepat busuk jika disimpan di dalam kulkas.

Pernahkah kamu mengalami membuang banyak bahan makanan karena begitu cepat busuk di kulkas? Atau ingin mengaplikasi metode food preparation tapi bingung memulainya? Bagaimana langkah food preparation untuk bahan sayur? Yuk simak ulasan berikut:

Sayur Berdaun Hijau

Sayur berdaun harus dipisahkan penyimpanannya dari sayur yang bertekstur keras seperti wortel, kentang, brokoli. Sebab, sayuran hijau seperti bayam, pokcoy, sawi, atau kangkung lebih mudah layu.

Sayuran berdaun hijau boleh tidak dicuci sebelum disimpan untuk menghindari pembusukan akibat kadar air yang tersimpan. Tapi jika kamu ingin mencucinya dulu, pastikan sayuran benar-benar kering sebelum disimpan. Beri alas tisu di setiap wadah penyimpanan.

Food Preparation untuk Sayur (via The Conversation)

Tahu

Cuci bersih tahu terlebih dahulu, kemudian masukkan ke wadah tertutup dengan diberi air sampai terendam. Ganti airnya minimal 3 hari sekali.

Food Preparation untuk Bahan Sayur (via Merdeka)

Cabai

Pilihlah cabe yang tidak busuk untuk disimpan. Masukkan ke wadah tertutup dengan dialasi tisu, beri 1-2 siung bawang putih yang sudah dikupas untuk memperlambat pembusukan. Pastikan cabe dalam keadaan kering saat disimpan.

Food Preparation untuk Bahan Sayur (via iNews)

Kentang dan Labu

Dua jenis sayuran ini sebaiknya tidak dikupas karena mudah teroksidasi. Simpan di suhu ruang dalam keadaan belum terkupas. Untuk mencegahnya mudah busuk atau rusak, sebaiknya letakkan dalam wadah yang bisa menjaga kestabilan suhu.

Food Preparation untuk Bahan Sayur (via BrilioFood)

Wortel dan Jagung Muda

Kupas wortel dan jagung muda (pipil bila perlu), lalu cuci bersih dan tiriskan. Potong sesuai kebutuhan. Simpan dalam kuklas di dalam wadah tertutup yang dilapisi dengan tisu makan.

Metode food preparation untuk bahan sayur ini akan semakin memudahkan kamu saat akan mengolah menjadi masakan nantinya. Semakin banyak waktu yang tersisa, semakin banyak waktu bagi keluarga. Selamat mencoba ya!

 

Food Preparation untuk Bahan Sayur (via Dee Stories)