Pantas Disebut Logam Mulia, Ini Lho Alasan Emas Bernilai Tinggi

Emas adalah jenis logam mulia yang dianggap bernilai tinggi. Kira-kira apa ya alasan emas bernilai tinggi? Simak penjelasannya berikut ini!

Apa sih alasan emas bernilai tinggi? Faktanya, emas adalah jenis logam mulia yang dianggap berharga. Tidak heran jika sejak zaman dahulu kepemilikan emas dianggap sebagai simbol status yang lebih tinggi dalam masyarakat. Menurut kepercayaan banyak bangsa, menyimpan atau menggunakan emas juga dianggap sebagai tanda kemakmuran dan jimat keberuntungan.

Namun meski semua orang sepakat bahwa emas adalah barang berharga, mungkin tidak banyak yang tahu kenapa senyawa Aurum ini dianggap prestisius dari masa ke masa. Memang apa sih yang membedakannya dengan jenis logam lainnya? Berikut adalah beberapa alasan emas bernilai tinggi dan nyaris tak pernah tergerus inflasi:

1. Serba Guna, Kuat, dan Tahan Lama

Emas memiliki kekuatan yang tinggi dan tahan terhadap deformasi. Meskipun emas murni adalah logam yang relatif lembut, tetapi ketika digabungkan dengan logam lain, seperti tembaga atau perak, emas menjadi lebih kuat. Kekuatan dan daya tahannya membuat emas cocok untuk pembuatan perhiasan dan barang berharga lainnya.

Alasan lain, logam emas memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap korosi dan oksidasi, sehingga menjadikannya tidak mudah berkarat atau berubah warna seiring waktu. Tidak heran jika perhiasan dari emas selalu terjaga keindahannya dalam jangka waktu yang lama.

Tak hanya unggul sebagai bahan perhiasan, emas juga memiliki sifat konduktor yang sangat baik terhadap listrik dan panas. Ini menjadikannya bahan yang ideal untuk aplikasi elektronik, seperti perangkat semikonduktor dan peralatan medis.

2. Tampilan Fisik yang Indah dan Berkilau

Alasan Emas Bernilai Tinggi (via Bareksa)

Sebagaimana kita tahu, emas memiliki kilauan yang menarik dan keindahan yang tak tertandingi. Warna kuning keemasannya memberikan tampilan yang mengesankan dan membuatnya menjadi pilihan yang populer untuk perhiasan dan ornamen seni.

Kilauan warna yang khas juga membuatnya menjadi salah satu simbol kemakmuran. Selain emas, beberapa produk alam seperti perak dan batu mulia juga memiliki keindahan memukau sehingga banyak dijadikan perhiasan.

3. Jumlahnya Terbatas di Muka Bumi

Alasan Emas Bernilai Tinggi (via Blibli)

Faktanya, emas adalah logam langka dan tidak dapat diperbanyak dengan mudah. Logam ini hanya bisa diperoleh lewat proses penambangan, di mana hanya daerah tertentu saja yang memiliki kandungan emas di alam.

Ketersediaannya yang terbatas membuatnya memiliki nilai yang tinggi dalam perdagangan dan investasi. Permintaan yang tinggi dan pasokan yang terbatas menjadikan emas sebagai komoditas bernilai.

Karena dianggap berharga, saat ini emas telah digunakan sebagai bentuk uang dan penyimpanan nilai selama ribuan tahun. Permintaan akan emas sebagai aset investasi terus tinggi karena dianggap sebagai bentuk perlindungan terhadap inflasi dan ketidakstabilan ekonomi. Emas juga dapat diperdagangkan secara internasional, menjadikannya instrumen investasi yang likuid.

4. Faktor Budaya dan Simbolis

Alasan Emas Bernilai Tinggi (via Universitas Airlangga)

Tak bisa dipungkiri bahwa faktor budaya adalah faktor utama kenapa logam ini dianggap sangat berharga. Emas memiliki makna budaya dan simbolis yang mendalam di banyak budaya di seluruh dunia. Selama berabad-abad, emas digunakan dalam upacara pernikahan, perayaan, dan simbol kekayaan yang dianggap prestisius.

Awalnya, alasan masyarakat mengagungkan nilai emas adalah karena keindahan dan kelangkaannya. Namun seiring waktu, berbagai penelitian mengungkap bahwa logam ini memang memiliki berbagai keistimewaan yang membuatnya layak dianggap bernilai tinggi.

Itulah beberapa alasan emas bernilai tinggi dan dianggap logam mulia. Semua karakteristik ini, bersama dengan sejarah panjang penggunaannya dan permintaan yang konsisten, membuat emas dianggap sebagai logam mulia yang bernilai dan dicari oleh banyak orang di seluruh dunia. Apakah kamu juga salah satu kolektor emas?

Alasan Emas Bernilai Tinggi (via Akseleran)