5 Makanan yang Dapat Mencegah Kanker Payudara, Yuk Mulai Hidup Sehat!

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang paling umum diderita oleh wanita di seluruh dunia. Yuk coba cegah dengan makanan ini!

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang paling umum diderita oleh wanita di seluruh dunia. Meski terdengar mengerikan, kamu dapat mencegah penyakit tersebut dengan mengonsumsi makanan sehari-hari yang sehat dan memiliki kandungan untuk mencegah kanker payudara.

Meskipun tidak ada makanan yang dapat sepenuhnya mencegah kanker payudara, pola makan sehat dan seimbang dapat membantu mengurangi risiko terjadinya kanker payudara. Lantas, makanan apa saja yang mengandung zat penting tersebut? Berikut informasi lengkapnya:

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang merah mengandung serat, protein, dan lemak sehat. Mereka juga kaya akan senyawa fitokimia seperti lignan, yang telah terbukti melawan pertumbuhan tumor payudara. Mengonsumsi segenggam kacang-kacangan sebagai camilan sehat dapat memberikan manfaat kesehatan jangka panjang.

2. Teh hijau

Makanan yang Dapat Mencegah Kanker Payudara (via Kapanlagi Plus)

Teh hijau kaya akan senyawa polifenol yang dikenal sebagai epigallocatechin gallate (EGCG). Senyawa ini memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Minum teh hijau secara teratur dapat membantu melindungi jaringan payudara dari kerusakan oksidatif dan menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

3. Sayuran Berbonggol

Makanan yang Dapat Mencegah Kanker Payudara (via Alodokter)

Sayuran seperti brokoli, kubis, kale, dan kembang kol mengandung senyawa bernama glukosinolat, yang memiliki efek antikanker. Senyawa ini membantu melawan kanker payudara dengan menghambat pertumbuhan sel kanker dan merangsang sistem kekebalan tubuh. Konsumsi sayuran berbonggol yang segar dan dimasak dengan baik dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan.

4. Buah-buahan dan Sayuran Berwarna Cerah

Makanan yang Dapat Mencegah Kanker Payudara (via Grid Kids)

Buah-buahan dan sayuran berwarna cerah seperti wortel, paprika merah, tomat, dan stroberi mengandung senyawa fitokimia dan antioksidan yang tinggi. Senyawa-senyawa ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Memasukkan beragam buah dan sayuran berwarna cerah ke dalam pola makan sehari-hari dapat membantu menjaga kesehatan payudara.

5. Minyak Zaitun

Makanan yang Dapat Mencegah Kanker Payudara (via Femina)

Minyak zaitun mengandung lemak sehat dan senyawa antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Gunakan minyak zaitun sebagai pilihan utama dalam memasak atau sebagai dressing pada salad untuk meminimalisir munculnya sel kanker dalam tubuh, termasuk payudara.

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat mencegah munculnya kanker payudara. Konsumsi secara teratur disertai pola hidup sehat dapat dapat meminimalkan faktor risiko dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Selain konsumsi makanan yang dapat mencegah munculnya kanker payudara, jangan lupa menghindari bahan yang mengandung karsinogenik, misalnya alkohol. Untuk berjaga-jaga, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau profesional medis untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatanmu.

Makanan yang Dapat Mencegah Kanker Payudara (via Alodokter)