Hidup Jadi Lebih Tenang, Ini 4 Alasan Perlu Menghindari Utang

Memang apa sih alasan perlu menghindari utang? Kenapa para ahli finansial tidak menyarankan peminjaman uang kecuali untuk hal yang urgent atau benar-benar pasti?

Memang apa sih alasan perlu menghindari utang? Kenapa para ahli finansial tidak menyarankan peminjaman uang kecuali untuk hal yang urgent atau benar-benar pasti? Lalu bagaimana dengan sistem kredit yang tujuannya untuk meringankan pembayaran?

Faktanya, ada banyak alasan kamu perlu menghindari utang. Salah satunya adalah ketenangan hidup. Berutang adalah cara instan untuk mendapatkan uang saat kondisi sedang darurat. Tapi jangan keseringan, sebab berutang bisa menimbulkan ketergantungan.

Berutang adalah awal munculnya bahaya. Jika sudah menumpuk dan tagihannya membengkak, maka terkadang semua barang yang kamu miliki, termasuk rumah, harus rela dijual demi melunasi utang-utang tersebut. Nah, agar tidak terjadi hal demikian. Coba cek beberapa alasan berikut ini agar kamu terhindar dari utang.

1. Khawatir Menjadi Kebiasaan

Berutang itu bersifat ketergantungan. Jika dibiarkan, maka kamu akan menggampangkan soal keuangan karena merasa bisa berutang. Padahal hal tersebut termasuk salah satu bukti bahwa kamu tidak bertanggungjawab atas keuanganmu sendiri.

Jika meminjam uang dalam posisi darurat dan mendesak, tentu saja diperbolehkan. Tapi dengan catatan, uang yang dipinjam harus segera dikembalikan. Bahkan dalam budaya dan kepercayaan manapun, utang adalah kewajiban yang dibawa sampai mati. Jadi jangan dijadikan kebiasaan ya.

2. Terhindar dari Stres

Alasan Perlu Menghindari Utang (via Republika)

Ketidakmampuan membayar utang membuat seseorang terjebak dalam kondisi tertentu yang membuatnya stres, depresi, bahkan ada yang sampai bunuh diri karena tidak tahan dengan kejaran debt collector. Nah, dari pada stres dan hidup menjadi tidak tenang. Lebih baik hindari utang sejauh mungkin.

3. Mandiri Secara Finansial

Alasan Perlu Menghindari Utang (via Halodoc)

Alasan lain kenapa kamu tidak perlu berutang adalah kamu jadi bisa belajar mandiri soal finansial. Dengan finansial yang mandiri, maka kamu nggak perlu lagi mencari pinjaman kesana kemari untuk memenuhi kebutuhan kamu. Kamu jadi bisa memilah-milah, mana kebutuhan yang penting dan mana keinginan sesaat.

Selain itu, dengan menghindari utang, kamu dapat membangun stabilitas keuangan jangka panjang, serta dapat menyisihkan uang untuk investasi yang menguntungkan atau tabungan untuk masa pensiun. Tanpa beban utang, kamu dapat membangun pondasi keuangan yang lebih kokoh untuk masa depan Anda.

4. Belajar Menghemat Uang

Alasan Perlu Menghindari Utang (via Blog Bibit)

Menghindari utang akan membuat kamu mau belajar bagaimana cara menghemat uang setiap bulan. Jadi kamu tidak lagi menyepelkan soal keuangan. Kamu benar-benar mengatur keuangan sesuai dengan kebutuhannya masing-masing, dan tidak menghamburkan uang.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja alasan perlu menghindari utang. Karenanya, yuk terapkan dari sekarang, agar kebiasaan berutang bisa dihentikan dan keuanganmu menjadi lebih baik. Kebebasan finansial bisa dimulai dari sini, lho!

Alasan Perlu Menghindari Utang (via Kampusimpian)