Mengenal Diet DEBM yang Populer, Bagaimana Melakukannya dengan Benar?

Diet DEBM (Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan) telah menjadi populer sebagai salah satu metode efektif. Bagaimana cara melakukannya?

Diet DEBM adalah diet yang fokus pada pengurangan asupan karbohidrat dan peningkatan asupan protein. Pola makan ini adalah kepanjangan dari Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan, dan saat ini telah menjadi populer sebagai salah satu metode efektif menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Pengurangan karbohidrat dan peningkatan asupan protein bertujuan untuk mengganti sumber energi utama tubuh dari karbohidrat menjadi lemak, sehingga tubuh memasuki keadaan ketosis. Dalam keadaan ketosis, tubuh membakar lemak sebagai sumber energi utama, yang pada gilirannya dapat membantu menurunkan berat badan.

Banyak orang memang mengaku telah mendapatkan berat badan ideal melalui diet DEBM. Bagaimana sih cara melakukannya? Apakah cara ini berat seperti kebanyakan diet lain? Yuk simak langkah-langkahnya berikut ini!

1. Batasi Asupan Karbohidrat

Sebagaimana disebutkan di atas, salah satu fokus utama DEBM adalah mengontrol kadar asupan karbohidrat sehari-hari. Kurangi konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat, seperti roti, pasta, nasi, kentang, dan makanan olahan yang mengandung gula tambahan. Sebagai gantinya, fokuskan pada sumber karbohidrat yang lebih rendah, seperti sayuran non-starch, biji-bijian, dan buah-buahan rendah gula.

2. Tingkatkan Asupan Protein

Diet DEBM (via Alodokter)

Protein adalah zat yang tidak hanya membantu meningkatkan metabolisme tubuh, namun juga membuatmu merasa kenyang lebih lama sehingga secara tidak langsung membantu mengendalikan nafsu makan.

Karenanya, pastikan asupan protein yang cukup dalam setiap makanan kamu. Pilih sumber protein sehat, seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, produk susu rendah lemak, kacang-kacangan, dan kedelai.

3. Tambahkan Lemak Sehat

Diet DEBM (via Siloam Hospitals)

Meskipun diet DEBM membatasi karbohidrat, kamu perlu menggantinya dengan lemak sehat untuk memenuhi kebutuhan energi. Pilih lemak sehat, seperti alpukat, minyak zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan berlemak.

4. Perhatikan Asupan Serat

Diet DEBM (via Alodokter)

Meskipun fokus pada karbohidrat rendah, pastikan kamu tetap mendapatkan asupan serat yang cukup untuk menjaga kesehatan pencernaanmu. Sebagaimana diketahui, kesehatan pencernaan adalah salah satu elemen penting yang menentukan keberhasilan diet. Sayuran non-starch, biji-bijian utuh, dan buah-buahan rendah gula adalah sumber serat yang baik.

5. Minum Cukup Air

Diet DEBM (via Morinaga Platinum)

Selanjutnya, pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan minum cukup air setiap hari. Air membantu menjaga fungsi tubuh yang optimal dan mempercepat proses pembakaran lemak. Adapun minum air bukan hanya untuk menghidrasi tubuh, namun juga membantu menjaga kesehatan pencernaan serta memaksimalkan pengangkutan nutrisi ke seluruh tubuh.

Diet DEBM dapat menjadi cara yang efektif untuk menurunkan berat badan. Dengan mengurangi asupan karbohidrat, meningkatkan asupan protein, dan memilih lemak sehat, kamu bisa membakar lemak dengan lebih efisien. Namun, penting untuk menjalankan diet ini dengan bijak dan berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum memulainya.

 

Diet DEBM (via Hermina Hospitals)