Sudah Tahu Kiwi? Bukan Buah Melainkan Burung yang Tak Bisa Terbang

kenalan dengan burung kiwi asal selandia baru ini

Memang namanya kiwi, namun kiwi yang satu ini bukanlah buah melainkan burung asli asal Selandia Baru. Burung satu ini mudah dikenali karena wujudnya yang unik dan berbeda dari burung kebanyakan. 

Tubuhnya bulat dengan paruh panjang, kemudian ciri khas utamanya adalah burung ini tidak bisa terbang dan hanya bisa ditemukan di Selandia Baru. sebagai penghargaan bagi burung kiwi sebagai burung khas Selandia Baru, pemerintah setempat menobatkan kiwi sebagai burung nasional negaranya. Angkatan Udaranya juga menggunakan gambar burung kiwi sebagai lambang di pesawatnya. 

Keunikan Burung Kiwi

(learningenglish.voanews.com)

Burung kiwi terkenal unik karena saat berteriak ia terdengar seperti mengucapkan kata ‘ki-wi’ dan dari situ pula nama kiwi berasal. Kemudian kiwi merupakan unggas nokturnal yang aktif mencari makan di malam hari. Pada siang hari ia akan tidur dalam liangnya sambil menggulung diri supaya kepalanya berada dalam posisi terlindungi. 

Makanan kiwi adalah serangga, cacing, hingga hwan air berukuran kecil, namun jika hewan-hewan tersebut susah didapatkan maka burung kiwi akan memakan tumbuhan atau buah-buahan. 

Sayap Mungil 

(anehdidunia.com)

Sama seperti ayam, kiwi memiliki sayap namun ia tak bisa menggunakannya untuk terbang karena ukurannya yang terlalu kecil. 

Sebagai perbandingannya jika seekor kiwi bisa tumbuh hingga 50 cm, maka panjang sayapnya hanya sekitar 5cm. Karena tubuhnya diselubungi bulu yang lebat, kiwi malah terlihat seolah tidak memiliki sayap. 

(anehdidunia.com)