7 Cara Menggoreng Ikan dengan Aman, Anti Lengket dan Hancur!

Supaya menggoreng ikan menjadi kegiatan yang tidak menyulitkan, berikut beberapa tips menggoreng ikan agar tidak lengket dan hancur.

Bagi kebanyakan orang, menggoreng ikan bukan perkara mudah. Karena ikan mengandung banyak air, minyak yang digunakan menggoreng ikan jadi sering meletup. Belum lagi kulit ikan bisa lengket di wajan dan sulit dibalik sehingga menyebabkan gorengan hancur. Nah, agar menggoreng ikan tidak menyulitkan, berikut beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan di rumah:

1. Pilih Ikan Segar

Ikan yang segar cenderung memiliki yang lebih padat sehingga tidak mudah hancur saat digoreng. Pilih ikan yang bermata bening dan beraroma segar. Selain itu, ikan segar juga memiliki sisik atau kulit yang lebih terang. 

2. Gunakan Wajan yang Bersih

Tips Menggoreng Ikan (via CNN)

Wajan yang bersih akan meminimalisir ikan lengket saat digoreng. Berbeda dengan wajan yang sudah digunakan sebelumnya dan masih ada sisa makanan yang menempel. Hal ini yang menjadi salah satu penyebab ikan lengket saat digoreng.

3. Gunakan Minyak Baru

Tips Menggoreng Ikan (via Dream)

Penggunaan minyak goreng bekas akan meningkatkan kemungkinan adanya sisa aroma dan warna dari masakan sebelumnya. Selain itu, sisa masakan yang tertinggal pada minyak bekas juga bisa membuat ikan lengket pada bagian wajan.

4. Minyak Harus Panas

Tips Menggoreng Ikan (via Suara)

Saat memasukkan ikan ke dalam wajan, pastikan minyak telah panas. Memasukkan ikan ke dalam minyak yang masih hangat akan membuat ikan jadi lengket dan hancur.

5. Balut dengan Tepung

Tips Menggoreng Ikan (via Hai Bunda)

Supaya ikan tidak lengket, setelah ikan dibumbui dan siap digoreng, baluri ikan menggunakan tepung kering. Selain membuat ikan tidak lengket di wajan, membalut tubuh ikan dengan tepung juga akan membuat ikan goreng kering tahan lama.

6. Beri Perasan Jeruk Lemon

Tips Menggoreng Ikan (via Harian Lentera Indonesia)

Tips lain agar ikan tidak lengket saat digoreng adalah dengan memasukkan perasan lemon ke dalam minyak goreng. Cukup peras sedikit lemon ke dalam minyak. Hal ini dapat menurunkan risiko ikan lengket ikan meletus atau meletupkan minyak ketika digoreng.

7. Balik Ikan Setelah Kering

Tips Menggoreng Ikan (via Tangerang Raya)

Saat membalik ikan, usahakan agar membalik ikan yang bagian tubuhnya terendam minyak sudah kering. Membalik ikan saat ikan masih basah akan membuatnya rentan lengket dan hancur.

Itulah tips menggoreng ikan agar tidak lengket dan hancur. Ternyata banyak hal yang perlu diperhatikan supaya menggoreng ikan bisa matang sempurna. Selamat mencoba di rumah ya!

Tips Menggoreng Ikan (via Okezone)