Jadi Gampang Ngantuk, Ini 4 Makanan yang Bisa Menurunkan Semangat

Ada beberapa makanan yang bisa menurunkan semangat dan membuat badan menjadi lemas. Apa saja, yuk cari tahu!

Menjadi produktif itu penting, terlebih jika kamu adalah seorang pekerja keras yang tidak suka menunda pekerjaan. Semangat untuk produktif biasanya bisa didapat dari apa yang dikonsumsi pada pagi hari. Karena itu, kamu harus menghindari sejumlah makanan yang bisa menurunkan semangat dan membuat badan lemas.

Nah, dari pada kamu salah makan saat sarapan, lebih baik cari tahu yuk apa saja makanan yang bisa bikin lemas dan tidak bersemangat seperti dikutip dari laman Hello Sehat.

1. Ikan Salmon

Ikan salmon terkenal sebagai sumber asam lemak omega-3 dan vitamin D terbaik. Namun sayangnya mengonsumsi ikan salmon dapat membuat tubuh menjadi lebih lemas. Hal ini disebabkan, dua nutrisi yang terkandung dalam ikan salmon tadi dapat mempengaruhi produksi serotonin.

Serotonin adalah neurotransmitter yang dapat membantu kamu mengaktifkan hormon tidur dalam tubuh. Jadi tidak heran kalau kamu akan justru merasa mengantuk setelah mengonsumsi ikan salmon.

Makanan yang Bisa Menurunkan Semangat (via Masak Apa Hari Ini)

2. Kacang-Kacangan

Kacang memang enak dijadikan camilan saat bekerja. Namun sayangnya, kacang-kacangan dapat meningkatkan kadar melatonin dalam darah yang membuat mengantuk dan bermanfaat untuk memperbaiki kualitas tidur. Kacang-kacangan tersebut antara lain adalah kacang kenari, kedelai, almond, atau pistachio.

Makanan yang Bisa Menurunkan Semangat (via BukaReview)

3. Susu

Semua pasti tahu kalau susu merupakan makanan tinggi protein yang memiliki manfaat baik untuk tubuh. Namun sejumlah penelitian menyebutkan bahwa susu memiliki konsentrasi triptofan dan melatonin yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk meningkatkan kualitas tidur.

Makanan yang Bisa Menurunkan Semangat (via Alodokter)

4. Buah Ceri

Menurut sebuah studi yang terdapat dalam  American Journal of Therapeutics (2018) menyebutkan bahwa mengonsumsi jus ceri dapat membantu orang yang menderita insomnia.

Hal ini disebabkan, buah ini mengandung triptofan yang dapat meningkatkan kadar melatonin, sehingga berpotensi membuat seseorang mengantuk setelah mengonsumsinya.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja makanan yang bisa menurunkan semangat dan bikin badan lemas. Sebaiknya hindari makanan-makanan tersebut, agar kinerja tetap baik di tempat kerja.

Makanan yang Bisa Menurunkan Semangat (via Hello Sehat)