3 Tips Memilih Frozen Food yang Berkualitas, Jangan Sembarangan!

Sebelum membeli perhatikan tips membeli frozen food berkualitas berikut ini agar kesehatanmu tetap terjaga. Yuk intip!

Saat ini makanan beku atau frozen food memang banyak digemari, terutama oleh kalangan ibu-ibu. Betapa tidak, frozen food bisa disimpan lama, dan bisa disajikan dalam waktu yang singkat.

Frozen food sendiri adalah makanan yang telah diolah dan kemudian dibekukan pada suhu yang sangat rendah untuk mempertahankan kesegarannya dan memperpanjang masa simpannya.

Dalam proses pembuatannya, makanan diolah untuk menghilangkan kelembaban sebanyak mungkin, sehingga bisa dibekukan tanpa membentuk kristal es yang besar. Beberapa contoh makanan beku meliputi daging, ikan, ayam, sayuran, buah-buahan, roti, pizza, camilan, dan makanan siap saji lainnya.

Tapi sebelum membeli, kamu harus tahu tips memilih frozen food yang berkualitas agar tetap sehat. Kalau kamu termasuk penggemar makanan beku karena praktis, berikut ini beberapa tips agar nggak salah memilih frozen food. Apa saja?

1. Pilih Sesuai Kebutuhan

Saat ini frozen food telah hadir dalam berbagai pilihan jenis. Karena itu sesuaikan produk frozen food sesuai dengan yang kamu butuhkan. Jika kamu menyukai olahan dari tumbuhan, maka kamu bisa membeli sayuran dan buah beku.

Namun jika kamu adalah orang yang ingin serba praktis, maka kamu bisa membeli lauk frozen seperti sapi lada hitam, ayam rica-rica, oseng mercon yang cara penyajiannya hanya dengan mamanaskan dalam microwave.

Dengan memilih makanan beku sesuai kebutuhan, maka kamu tidak perlu menumpuk banyak makanan frozen dalam waktu yang cukup lama. Jadi kualitasnya tetap terjaga sehingga tidak membawa dampak buruk saat dikonsumsi.

Tips Memilih Frozen Food yang Berkualitas (via CNN Indonesia)

2. Perhatikan Kemasan Produk

Kemasan produk adalah hal penting lain yang harus diperhatikan. Saat membeli, sebaiknya hindari makanan beku dengan kemasan yang sudah berlubang atau sobek. Sebab ada celah sedikit saja pada kemasan frozen food, maka kualitasnya bisa saja menurun sehingga mungkin ada bibit penyakit yang masuk dan merusak makanan.

Tips Memilih Frozen Food yang Berkualitas (via Lalamove)

3. Perhatikan Tekstur, Warna, dan Bau

Bagian ini sangat penting dilakukan. Sebab frozen food yang memiliki bau menyengat dan warna yang berubah bisa menandakan bahwa makanan tersebut sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

Makanan beku yang sudah mengalami perubahan tersebut sebaiknya dihindari ya karena mungkin sudah rusak, kadaluarsa, atau bahkan tercemar bakteri. Biasanya, makanan beku yang sudah rusak juga mengalami perubahan rasa sehingga tidak lagi nikmat saat dikonsumsi.

Nah, itu tadi beberapa tips memilih frozen food yang berkualitas, agar kesehatanmu tetap terjaga meski mengonsumsi makanan-makanan beku. Semoga informasi ini bermanfaat dan memudahkanmu dalam menyiapkan makanan bergizi untuk keluarga.

Tips Memilih Frozen Food yang Berkualitas (via Femina)