Biar Lebih Produktif, Begini Cara Menghadapi Stres di Tempat Kerja

Kamu wajib tahu bagaimana cara menghadapi stres di tempat kerja, agar kinerjamu tidak terganggu dan kamu menjadi lebih produktif.

Banyak tumpukkan pekerjaan dan deadline memang tak jarang membuat seseorang merasa stres di kantor. Karena itu, kamu wajib tahu bagaimana cara menghadapi stres di tempat kerja, agar kinerjamu tidak terganggu dan kamu menjadi lebih produktif.

Perlu diketahui bahwa stres kerja dapat berdampak buruk pada seseorang. Untuk melampiaskan rasa stresnya, tidak jarang seseorang menjadi banyak makan, ngemil, kurang tidur, mengonsumsi alkohol, dan merokok.

Kalau hal-hal di atas terus dibiarkan, maka mentalmu akan rapuh sehingga produktivitas turun dan gagal memenuhi semua target. Nah, agar kesehatanmu tetap terjaga, berikut ini cara menghadapi stres di tempat kerja seperti dikutip dari laman Alodokter.

1. Pahami Betul Kemampuan Diri

Menetapkan target terlalu tinggi bisa menjadi salah satu alasan seseorang mudah merasa lelah. Dia akan terus memaksa diri untuk bertindak sesuai standard orang lain. Padahal, ingat, setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Karena itu, kamu harus benar-benar memahami batas kemampuanmu.

Jangan sibuk membandingkan diri dengan orang lain, karena hal tersebut justru akan memperburuk keadaan. Pahami seberapa kemampuanmu, dengan begitu kamu bisa menghitung berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaanmu.

2. Bicara dengan Atasan

Begini Cara Menghadapi Stres di Tempat Kerja (via Halodoc)

Lingkungan kerja yang baik akan tercipta dengan sendirinya jika kamu mau terbuka dengan atasan. Jadi agar kamu tidak merasa stres, coba bicaralah dengan atasan tentang stres yang kamu alami.

Dengan begitu, atasan tahu seberapa padat pekerjaanmu, sehingga dia tidak akan menambah pekerjaanmu lagi. Atau setidaknya kamu bisa menolak pekerjaan yang diberikan atasan, karena bebas pekerjaan yang kamu tangani sudah terlalu banyak.

3. Rehat Sejenak

Begini Cara Menghadapi Stres di Tempat Kerja (via Bisnis)

Menyelesaikan pekerjaan memang penting, tapi bukan berarti kamu harus kerja terus-menerus. Rehat sejenak bukanlah masalah. Lupakan pekerjaan sebentar dan cari hiburan yang bisa membuatmu lebih rileks. Setelah itu, kamu boleh melanjutkan pekerjaanmu lagi dengan pikiran dan tubuh yang lebih segar.

4. Lakukan Meditasi

Begini Cara Menghadapi Stres di Tempat Kerja (via CNN Indonesia)

Bagi sebagian orang meditasi mungkin adalah hal yang cukup aneh. Padahal sebenarnya, meditasi dapat memberikan efek positif bagi kesehatan, baik fisik maupun mental lho. Dengan begitu, jiwamu akan merasa seimbang, tenang, dan damai.

Nah, itu tadi beberapa cara menghadapi stres di tempat kerja yang bisa kamu terapkan. Jangan tunggu sampai burnout ya. Jika kamu mulai merasa kurang nyaman, segera lakukan tindakan agar semua segera teratasi. Semangat!

Begini Cara Menghadapi Stres di Tempat Kerja (via Kompas Health)