Tahukah Kamu? Ternyata Ada Alasan Ilmiah Di Balik Warna Merah Dan Kuning Di Logo McDonald's

Makna warna merah dan kuning di logo McDonald's, ada alasan ilmiah di baliknya.

Banyak dari kamu yang pasti sudah tidak asing dengan logo McDonald's. Logo berbentuk huruf 'M' dengan warna merah dan kuning ini begitu ikonik. Namun tahukah kamu makna logo McDonald's tersebut? Ternyata ada alasan ilmiah di baliknya loh!

Sebagai informasi, logo McDonald's yang sering dijuluki sebagai lengkungan emas ini dikembangkan oleh desainer Jim Schlinder pada tahun 1962. Mengutip aknkbot Design, logo McDonald's sudah diubah beberapa kali sebelum melakukan fiksasi terakhir pada tahun 2003.

Namun, lengkungan kuning yang menjadi ikoniknya sudah mulai digunakan sejak 1968. Awalnya logo McDonald's hanya berisikan satu lengkungan saja, sampai akhirnya Ray Kroc mengambil alih bisnis ini dan menggabungkan dua lengkungan sehingga terlihat seperti huruf 'M'.

Sebagai restoran penyedia makanan cepat saji, tentu bukan tanpa alasan mengapa McDonald's memilih warna merah dan kuning pada logo mereka. Ternyata, alasan di balik pemilihan warna tersebut berangkat dari pertimbangan psikologis bukan hanya karena unsur estetika semata. 

Dilansir dari Daily Mail, psikolog warna asal Inggris, Karen Haller melalui blog situs webnya, mengungkapkan pemilihan warna merah dan kuning dalam logo McDonald's bukan sebuah kebetulan. Ada efek psikologis yang ditimbulkan kepada pelanggan. 

Karen menjelaskan warna merah pada logo tersebut bisa memicu rangsangan, nafsu makan, rasa lapar dan menarik perhatian. Sedangkan warna kuning dapat memicu perasaan bahagia dan ramah. Perpaduan dua warna antara merah dan kuning ini pun jadi bagian penting dari model bisnis ke pelanggan.

Logo McDonald's Punya Makna (Kompas)

Karen Haller juga menuturkan kalau bahasa warna bisa dikomunikasikan lebih cepat ke otak daripada kata-kata atau bentuk. Hal ini karena warna bekerja langsung pada perasaan dan emosi kita. Tak hanya itu, dari sudut pandangan praktis menunjukkan bahwa warna kuning adalah warna yang paling terlihat di siang hari. 

Warna ini tentu bisa menarik perhatian atau sebuah tanda untuk memanggil pelanggan karena bisa terlihat dari jarak jauh. Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa gerai McDonald's di Inggris pun sudah memasukkan unsur hijau tua ke dalam desainnya. Menurut Karen, warna ini dipilih agar restoran tampil lebih menarik. Semoga bermanfaat ya!

Logo McDonald's Yang Pakai Warna Hijau (MARCA)