Hati-Hati! Ini 3 Ciri Self Gaslighting yang Harus Diwaspadai

Apakah kamu pernah mendengar tentang self gaslighting? Agar terhindar dari masalah ini, yuk simak ulasan berikut ini!

Apakah kamu pernah mendengar tentang self gaslighting? Sebagian orang mungkin merasa asing dengan istilah ini, namun tanpa sadar banyak orang yang sudah melakukan beberapa ciri self gaslighting pada dirinya sendiri.

Mengutip lama Halodoc, self gaslighting merupakan bentuk penekanan pikiran dan emosi pada diri sendiri. Contohnya ada seseorang yang telah mengatakan sesuatu yang menyinggung perasaanmu.

Dalam hal ini, kamu sebenarnya sadar bahwa hatimu terluka karena ucapannya. Namun, kamu buru-buru menepis perasaan tersebut, dan berpikir bahwa ucapannya sebenarnya hal yang biasa, hanya kamu yang terlalu berlebih dan sensitif.

Padahal bukan masalah besar jika kamu merasa terluka oleh ucapan seseorang. Kamu berhak merasakan perasaan tersebut, sekaligus mengekspresikannya. Jika diteruskan, ternyata self gaslighting bisa membahayakan kesehatan mental lho.

Karenanya, kamu harus melakukan deteksi dini dan melakukan pencegahan agar masalah ini tidak membahayakanmu. Nah, agar kamu lebih waspada, berikut ini ciri-ciri self gaslighting yang harus diwaspadai. Apa saja?

1. Merasa Pantas Diperlakukan Buruk

Orang-orang yang suka melakukan self gaslighting biasanya merasa pantas diperlakukan dengan buruk. Baginya hal yang wajar orang lain berlaku buruk padanya. Padahal tidak orang di dunia ini yang pantas diperlakukan buruk oleh orang lain. Setiap orang punya hak untuk diperlakukan baik. Jadi jangan dianggap wajar ya. Mulailah menghargai dirimu sendiri karena setiap orang adalah sosok yang special.

Self Gaslighting (Halodoc)

2. Merasa Diri Terlalu Sensitif

Jika kamu merasa terlalu sensitif atas perbuatan dan ucapan orang lain yang menyakitkan, itu artinya kamu telah melakukan gaslighting pada dirimu sendiri. Ingat ya, kamu berhak merasa sedih, marah, kecewa, dan tidak terima atas sikap dan perilaku orang lain.

Bahkan kamu berhak mengekspresikannya atau mengungkap kalau kamu tidak terima dengan ucapan atau perilaku yang mereka. Tidak ada manusia di dunia ini yang berhak disakiti atau menyakiti.

Self Gaslighting (via HuffPost)

3. Menyalahkan Diri Sendiri

Ciri terakhir orang yang suka melakukan self gaslighting adalah mereka yang selalu menyalahkan diri sendiri atas sesuatu yang terjadi. Ingat ya, setiap orang berhak bahagia, jika kamu terus-menerus menyalahkan dirimu sendiri, maka hal tersebut tidak baik untuk kesehatan mental kamu.

Jika selama ini kamu masih melakukan beberapa ciri self gaslighting yang tadi disebutkan, maka sebaiknya hentikan dari sekarang. Karena mencintai diri sendiri itu penting. Mulai sekarang lebih baik ubah self gaslighting menjadi self love, agar kamu tahu kalau dirimu itu berharga.

Self Gaslighting (via SAS For Women)