4 Tips Ampuh Menghindari CLBK, Jangan Sampai Terus Terjebak Dalam Cinta Lama

Menghindari CLBK kadang lebih baik daripada kembali lagi pada masalah sama yang membuat kalian putus seperti sebelumnya. Tapi bagaimana caranya?

Tidak semua kegagalan pantas mendapat kesempatan kedua. Dalam hubungan asmara, menghindari CLBK (cinta lama bersemi kembali) kadang lebih baik daripada kembali lagi pada masalah sama yang membuat kalian berdua putus seperti sebelumnya. Jika hubungan sebelumnya terlanjur rusak karena masalah tertentu, bukankah lebih baik move on untuk menjadi sosok yang lebih bahagia?

Bukan tanpa alasan jika kamu akhirnya sepakat untuk mengakhiri hubungan dengan pasanganmu, kan? Namun masalahnya, saat sudah putus pun keinginan untuk balikan masih muncul karena banyaknya kenangan yang dihabiskan bersama. Hal ini akan membuatmu sulit move on dari hubungan lama dan sukar fokus menghadapi masa depan. Karena itu, jika ada sinyal balikan dari mantan mendekat, sebaiknya lakukan hal-hal berikut ini untuk menghindari CLBK terjadi.

1. Hindari Komunikasi

Tidak mudah membiasakan diri dalam rutinitas baru tanpa pasangan, apalagi bagi kamu yang baru putus cinta. Meskipun membutuhkan effort lebih, bukan tidak mungkin kamu akan lepas dari bayang-bayang mantan.

Agar proses move on berjalan cepat dan kamu tidak lagi dibayangi CLBK, maka hindari komunikasi dengan mantan untuk sementara waktu. Kamu bisa membatasi komunikasi sampai kamu benar-benar siap menghadapi mantan dan telah menata masa depan yang baru.

2. Pertimbangkan dengan Baik sebelum Merespon

Tips Ampuh Menghindari CLBK (via Islampos)

Saat menghindari komunikasi dengan mantan, bisa saja dia akan menghubungi lebih dulu. Untuk menghindari CLBK, hal pertama yang perlu kamu pertimbangkan adalah bagaimana dampaknya ketika kamu membalas pesan atau mengangkat teleponnya. Apakah hatimu sudah siap? Atau apakah mantan akan berharap lebih jika kamu meresponnya? Karena itu, sebaiknya respon seperlunya jika hatimu sudah siap. Pastikan obrolan singkat dan tidak membahas tentang kisah cintamu bersamanya dulu.

3. Ingatlah Apa yang Membuat Kamu Putus Dengannya

Tips Ampuh Menghindari CLBK (via Parapuan)

Ketika kamu goyah dan merasa ingin memberi kesempatan kedua bagi hubungan kalian, sebaiknya pikir-pikir kembali. Ingatlah bagaimana kalian putus dan dampaknya bagimu dan mantan. Pikirkan lebih dalam apakah hubungan kalian yang sudah kandas layak untuk mendapatkan kesempatan kedua.

4. Buka Hati untuk Pria Lain

Tips Ampuh Menghindari CLBK (via Wolipop)

Daripada fokus pada masa lalu, alangkah lebih baik jika kamu membuka hati untuk orang lain. Namun, jangan jadikan orang lain sebagai pelarian semata, ya. Kamu bisa membuka hati saat masalah dengan  masa lalu benar-benar sudah selesai dan kamu siap untuk membuka perjalanan baru di hidupmu.

Itulah tips untuk menghindari CLBK yang bisa kamu ikuti. Walaupun hubungan lamamu telah kandas, namun masih ada masa depan luas yang menantimu. Semangat, ya! Bahagiamu ya hanya kamu yang bisa menciptakan.

Tips Ampuh Menghindari CLBK (via Kelas Cinta)