Waspada Diabetes, Ini Beberapa Tips Agar Terhindar dari Komplikasi Mematikan

Diakui atau tidak, penyakit diabetes memang dikenal cukup mengerikan karena bisa berdampak pada kematian. Jika sudah terjangkit, bagaimana cara menghindari komplikasi?

Diakui atau tidak, diabetes  memang dikenal cukup mengerikan. Penderita penyakit ini tidak mampu memproduksi insulin secara maksimal sehingga tingkat gula darah meningkat. Kondisi ini, jika dibiarkan akan menyebabkan berbagai gangguan fungsi organ, seperti jantung, liver, ginjal, dan lain-lain. Jika sudah komplikasi, maka kematian bisa mengancam kapan saja.

Diabetes sendiri terdiri dari beberapa tipe, dengan tingkat keparahan yang berbeda. Penyakit ini timbul bukan hanya karena gaya hidup yang tidak sehat, namun juga bisa karena keturunan. Namun jangan sedih. Jika kamu adalah penderita, atau berisiko diabetes, maka ada beberapa cara sehat yang bisa dilakukan untuk menghindari komplikasi.

1. Memastikan Tubuh Tidak Kekurangan Cairan

Banyak minum air putih adalah salah satu cara untuk menetralisir zat-zat yang tak dibutuhkan tubuh. Tak hanya akan membantu menyeimbangkan gula darah, air putih juga akan memperlancar fungsi organ tubuh dan menurunkan risiko komplikasi.

Cara Mencegah Komplikasi Diabetes (via Beautynesia)

2. Atur Pola Makan

Penderita diabetes memang tidak disarankan mengonsumsi karbohidrat berlebihan atau makanan yang tinggi gula. Selain itu, tak disarankan pula makan berlebihan karena bisa memicu lonjakan kadar gula darah. Untuk mengantisipasi hal ini, disarankan kamu banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak demi membantu kenyang lebih lama. Namun pilih makanan yang mengandung lemak baik, ya!

Cara Mencegah Komplikasi Diabetes (via Liputan6)

3. Rajin Melakukan Medical Check-up

Dalam skala waktu tertentu, kamu harus terus mengontrol kadar gula darah dalam tubuh sehingga bisa langsung melakukan tindakan jika ada masalah. Untuk ini, kamu perlu bantuan dokter.

Cara Mencegah Komplikasi Diabetes (via Alomedika)

4. Makan Sayur dan Buah-Buahan

Beberapa sayuran yang sangat disarankan untuk penderita diabetes adalah  tomat, wortel, paprika merah dan hijau, mentimun, brokoli dan kembang kol. Sayuran tersebut memang rendah lemak, namun cukup aman bagi penderita diabetes. Imbangi dengan kacang-kacangan yang notabene mengandung lemak nabati. Bagi kamu yang suka buah, perbanyaklah makan buah apel yang dikenal mampu melawan radikal bebas dan menurunkan risiko komplikasi.

Tips-tips di atas tidak sulit untuk dijalani kan? Selain bermanfaat untuk penderita diabetes , orang sehat juga bisa kok mempraktekkannya. Namun jangan lupa berkonsultasi dengan dokter, ya. Karena setiap orang mungkin punya kondisi tubuh yang berbeda!

Cara Mencegah Komplikasi Diabetes (via Alodokter)