Jangan Disepelekan! Inilah 6 Efek yang Akan Dirasakan Jika Kurang Tidur

Ternyata efek kurang tidur dalam jangka panjang bisa sangat serius sehingga tidak bisa disepelekan begitu saja. Yuk simak ulasannya!

Jadwal kesibukan yang padat dan terlalu banyak pekerjaan seringnya membuat seseorang kurang istirahat. Walaupun terlihat sepele, namun ternyata efek kurang tidur dalam jangka panjang bisa sangat serius. Seseorang yang kurang tidur bisa kehilangan konsentrasi bahkan dapat memicu munculnya serangan jantung. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Mari simak informasi berikut ini:

1. Sulit Konsentrasi

Efek pertama yang akan dirasakan jika kurang tidur adalah sulit berkonsentrasi. Cukup tidur memiliki peran yang besar dalam proses belajar dan berpikir. Karena itu, kurang tidur akan mengganggu kemampuan kognitif yang berdampak pada kewaspadaan, penalaran dan pemecahan masalah.

2. Mudah Stres

Efek Kurang Tidur (via Kabar6)

Efek lain dari kurang tidur adalah membuat kamu mudah mengalami perubahan mood. Kamu akan menjadi lebih emosional dan sulit mengendalikan perubahan suasana hati. Jika dibiarkan, bisa timbul dampak lain yang lebih parah seperti kecemasan, stres, depresi, perilaku impulsif dan paranoid. 

3. Pikun

Efek Kurang Tidur (via Metro Health MMC)

Kurang tidur juga dapat menyebabkan pikun atau mudah lupa. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat mengakibatkan penurunan kemampuan otak untuk berpikir dan mengolah informasi.

Saat tidur, otak bekerja untuk menyimpan memori sepanjang hari ke dalam sistem ingatan jangka pendek, sehingga koneksi saraf yang mendukung ingatan seseorang mengalami penguatan. Karena itu, penting untuk memiliki waktu tidur yang cukup.

4. Insomnia dan Penyakit Kardiovaskular

Efek Kurang Tidur (via Her Story)

Kurang tidur sering dikaitkan dengan insomnia. Insomnia adalah kondisi yang menyebabkan seseorang susah tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Insomnia tidak boleh diremehkan, karena jika terus berlanjut akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, bisa berupa gagal jantung ataupun serangan jantung. Selain itu, penderita insomnia juga berisiko lebih tinggi menderita diabetes, obesitas, hingga stroke.

5. Performa Seks Menurun

Efek Kurang Tidur (via Alodokter)

Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa pria dan wanita yang kurang tidur mengalami penurunan hasrat untuk melakukan hubungan seksual dan memiliki tingkat kepuasan seksual yang lebih rendah. Hal ini disebabkan oleh rasa kantuk dan lelah yang timbul akibat kurang tidur.

6. Munculnya Tanda Penuaan Dini

Efek Kurang Tidur (via SehatQ)

Efek kurang tidur selanjutnya adalah munculnya tanda penuaan dini. Jika kamu kurang tidur, kulit akan menjadi pucat dan terlihat bengkak. Selain itu, kurang tidur juga dapat memicu munculnya berbagai tanda penuaan dini, seperti keriput, garis halus, atau kerutan di sekitar mata.

Itulah 6 efek kurang tidur. Walaupun terdengar sepele, namun ternyata kurang tidur juga bisa mempengaruhi kesehatan. Jadi sebaiknya, terapkan pola hidup sehat termasuk cukup istirahat setiap hari agar kesehatan terjaga.

Efek Kurang Tidur (via IDN Times)