Gampang Banget! Begini Lho Cara Bikin Paspor Lewat Smartphone

ika biasanya kamu harus mengantre di kantor imigrasi, kini ada cara bikin paspor lewat smartphone yang gampang banget. Kira-kira, bagaimana caranya?

Semua pasti tahu kalau paspor merupakan salah satu dokumen penting yang dibutuhkan saat bepergian ke luar negeri. Kalau biasanya paspor harus dibuat di kantor imigrasi dengan antrean yang panjang, namun sekarang ada cara bikin paspor lewat smartphone yang gampang banget.

Mengutip laman resmi Kemenkumham, paspor merupakan bukti identitas diri di luar tanah air. Secara fungsi, paspor lebih mirip dengan KTP yang diakui secara internasional sehingga negara lain bisa tahu siapa dan dari mana kamu berasal.

Bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara membuat paspor melalui smartphone, berikut ini caranya seperti dikutip dari laman resmi Imigrasi Kemenkumham.

Dokumen yang Perlu Disiapkan

Meski dilakukan secara online, untuk kamu yang baru pertama kali membuat paspor akan tetap menyiapkan beberapa dokumen yang diperlukan. Dokumen-dokumen tersebut antara lain seperti  KTP, kartu keluarga (KK), dan akta kelahiran, akta perkawinan, buku nikah, ijazah, atau bisa juga menggunakan surat baptis.

Selain itu, dokumen lain yang juga harus ada adalah Surat Pewarganegaraan Indonesia bagi orang asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia atau penyampaian pernyataan untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, dan Surat penetapan ganti nama (bagi yang telah mengganti nama) dari pejabat yang berwenang.

Cara Bikin Paspor Lewat Smartphone (via Hipwee)

Cara Membuat Paspor Lewat Smartphone

Cara pertama yang harus kamu lakukan tentu saja mengunduh aplikasi M-Paspor melalui Google Play Store atau App Store. Kemudian pilih menu sign up jika kamu belum terdaftar. Setelah berhasil masuk, masukkan data pendaftaran di akun kamu.

Untuk kamu yang sudah memiliki akun di M-Paspor, kamu bisa langsung login. Jika sudah login, kamu akan menerima pop up yang berisi persyaratan dan ketentuan penggunaan aplikasi. Klik "saya setuju" untuk melanjutkan.

Cara Bikin Paspor Lewat Smartphone (via Imigrasi)

Untuk mengajukan paspor, kamu bisa beralih ke beranda aplikasi paspor yang menampilkan banner dan menu permohonan pengajuan paspor.

Klik pada banner tersebut, dan kamu bisa memilih ingin membuat paspor permohonan reguler, lalu pilih untuk siapa paspor di buat (Dewasa atau anak). Selanjutnya masukkan data sesuai dengan dokumen yang sudah kamu siapkan tadi.

Jika sudah selesai dengan dokumen, pilih kantor imigrasi yang akan dituju, kemudian klik Pilih Kantor. Lalu pilih jenis permohonan paspor, kemudian pilih tanggal dan waktu kedatangan. Nanti akan muncul kode pembayaran dengan durasi maksimal dua jam setelah mengajukan permohonan.

Jika semua proses sudah selesai, pemohon akan mendapatkan surat pengantar ke kantor imigrasi. Terakhir, kamu bisa langsung ke kantor imigrasi yang dipilih melalui aplikasi. Nah, itu tadi cara bikin paspor lewat smartphone. Jadi lebih mudah dan cepat kan?

Cara Bikin Paspor Lewat Smartphone (via Ulasan)