Dijamin Aman, Ini 5 Tips Menyiapkan Menu Buka Puasa untuk Pengidap Diabetes

Tips menyiapkan menu buka puasa untuk pengidap diabetes ini sangat disarankan karena aman dan tidak memicu kenaikan kadar gula darah dalam tubuh.

Apa sih tips menyiapkan menu buka puasa untuk penderita diabetes? Gorengan dan es campur yang manis memang enak disantap saat berbuka puasa. Namun bagi pengidap diabetes, berbuka puasa tidak boleh dengan makanan yang sembarangan.

Penderita diabetes memiliki gangguan dalam produksi dan kerja hormon insulin, maka dari itu sebaiknya memilih menu berbuka puasa yang memberikan rasa kenyang dalam waktu yang cukup lama tanpa harus kadar gula darah.

Tapi tenang, ada beberapa tips menyiapkan menu buka puasa untuk pengidap diabetes yang disarankan karena aman dan tidak memicu kenaikan kadar gula darah. Lantas, menu berbuka seperti apa yang disarankan untuk penderita diabetes?  Mengutip laman Klikdokter, berikut ini rekomendasinya:

1. Makanan Ringan

Menu buka puasa yang disarankan untuk penderita diabetes adalah mengonsumsi makanan ringan seperti buah potong, yakni pisang, apel, pir, dan jeruk. Minum jus buah diperbolehkan, asal dibuat sendiri tanpa tambahan pemanis apapun.

Selain buah potong, kurma juga baik dikonsumsi saat berbuka puasa karena mengandung serat dan gula alami. Jika mengonsumsi camilan yang dibeli dari luar, pastikan kamu mengetahui bahan-bahannya, dan menghindari gula buatan.

Rekomendasi Menu Berbuka Puasa untuk Pengidap Diabetes (via Republika)

2. Sumber Karbohidrat Kompleks

Selain makanan ringan, untuk makanan utama para penderita diabetes bisa mengonsumsi sumber karbohidrat kompleks yang bisa memberikan rasa kenyang lebih lama, seperti  gandum, biji-bijian, dan nasi merah. Sumber karbohidrat kompleks tadi bisa dikombinasikan dengan sayuran dan sumber protein seperti daging, ikan, atau tahu/ tempe. Makan nasi putih kurang disarankan karena kandungan gulanya terlalu tinggi.

Rekomendasi Menu Berbuka Puasa untuk Pengidap Diabetes (via Alodokter)

3. Batasi Gorengan

Gorengan memang enak disantap saat berbuka puasa, namun bagi penderita diabetes sebaiknya batasi konsumsi gorengan. Sebab gorengan mengandung kadar asam lemak jenuh dan asam lemak trans yang tinggi. Jika mengonsumsinya terlalu banyak, kadar gula bisa naik dan membuat puasamu jadi terganggu.

Rekomendasi Menu Berbuka Puasa untuk Pengidap Diabetes (via Kompas)

4. Hindari Roti

Perlu diketahui bahwa roti mengandung indeks glisemik tinggi, karena itu sebaiknya dihindari. Sebab, roti mudah dicerna dan diserap, sehingga penderita diabetes akan lebih cepat lapar. Kalau hal ini terjadi, nafsu makan akan meningkat sehingga bisa berimbas pada berbagai aspek kesehatan.

Rekomendasi Menu Berbuka Puasa untuk Pengidap Diabetes (via Kumbanews)

5. Air Putih

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau air putih memiliki banyak manfaat, terutama bagi penderita diabetes. Sebab air putih dapat menghindarkan kamu kamu dehidrasi. Hindari minuman berkafein seperti kopi dan teh, perbanyak minum air putih.

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi menu berbuka puasa untuk pengidap diabetes yang aman. Walaupun mengidap diabetes, bukan berarti kamu tidak bisa menjalankan ibada puasa. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Rekomendasi Menu Berbuka Puasa untuk Pengidap Diabetes (via Halodoc)