Tips Olahraga Saat Puasa, Ketahui Jenis Olahraga dan Waktu yang Tepat Melakukannya

Olahraga saat puasa tentunya berbeda dibandingkan dengan waktu pada umumnya. Yuk simak tipsnya!

Agar tubuh tetap bugar selama berpuasa, kamu tetap harus melakukan olahraga. Olahraga saat puasa tentunya berbeda dibandingkan dengan waktu pada umumnya. Karena tubuh tidak makan dan minum, maka ada hal-hal yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah waktu dan intensitas kegiatan olahraga.

Perlu diingat, sesi olahraga saat puasa tidak boleh melebihi 60 menit. Selain itu, batasilah olahraga kardio sebanyak 2 kali saja dalam seminggu. Untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut ini:

Kapan waktu olahraga saat puasa?

Sebelum melakukan olahraga, kamu harus tahu waktu yang baik untuk berolahraga saat sedang berpuasa.

1. 30 menit sebelum buka puasa

Melakukan olahraga ringan selama 20-30 menit sebelum buka puasa. Setelah berolahraga, tubuh bisa mendapat asupan energi setelah berbuka.

2. Setelah buka puasa

Kamu juga bisa berolahraga setelah berbuka puasa. Beri jeda waktu yang cukup untuk tubuh mencerna makanan saat berbuka. Lebih baik jika berbuka dalam porsi kecil dan bukan makanan berat. Ini bertujuan agar sesi olahraga yang kamu jalani bisa efektif dan optimal. Setelah berolahraga, baru kamu bisa mengonsumsi makanan berat.

3. Setelah isya’

Jika ingin waktu yang lebih panjang untuk berolahraga, kamu bisa memanfaatkan waktu setelah isya’. Selain makanan saat berbuka sudah dicerna tubuh, kamu juga tidak terburu-buru dalam berolahraga karena ingin melakukan ibadah berikutnya.

Tips Olahraga Saat Puasa (via Kumparan)

Jenis olahraga saat puasa yang bisa dilakukan

Karena tubuh tidak makan dan minum, pilih olahraga ringan dan berintensitas rendah yang memiliki dampak baik untuk kesehatan tubuh. Dalam sebuah jurnal dijelaskan jika olahraga ketika puasa dilakukan dengan intensitas 40% sampai 50%. Karena itu hindari olahraga fisik seperti kecepatan, plyometric dan sebagainya. Lalu olahraga apa saja yang bisa dilakukan? Berikut penjelasannya:

1. Jalan kaki

Jalan kaki merupakan olahraga ringan yang bisa kamu lakukan saat berpuasa. Jika malas keluar rumah, kamu tetap bisa melakukan jalan kaki di tempat. Jalan kaki memiliki banyak manfaat seperti menjaga kebugaran jantung dan paru-paru, meningkatkan kekuatan serta ketahanan otot, hingga mengurangi lemak tubuh.

2. Yoga

Yoga juga merupakan salah satu olahraga yang bisa kamu lakukan di bulan puasa. Namun ingat, pilih yoga dengan tingkat intensitas rendah seperti gerakan Adho mukha svanasana, balasana, atau Vrksasana

3. Bersepeda

Olahraga berikutnya adalah bersepeda. Kamu bisa bersepeda 30 menit sebelum berbuka sambil “ngabuburit”. Selain menyenangkan, bersepeda memiliki manfaat kekuatan dan fleksibilitas otot hingga meredakan stres.

Tips Olahraga Saat Puasa (via Anlene)

Itulah penjelasan mengenai jenis olahraga yang tepat saat puasa, mulai dari waktu hingga intensitasnya. Semoga informasi ini berguna untuk menghadapi bulan puasa yang akan segera tiba.

Tips Olahraga Saat Puasa (via Antara)