4 Manfaat Puasa untuk Kesehatan, Sudah Tahu Belum?

Tahukah kamu bahwa ada banyak manfaat puasa untuk kesehatan tubuh. Yuk cari tahu infonya di sini!

Bagi umat islam, berpuasa Ramadan merupakan suatu kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan. Namun tahukah kamu kalau saat ini manfaat puasa  untuk kesehatah sudah banyak dipahami. Sehingga puasa sudah menjadi bentuk gaya hidup yang berhubungan dengan kesehatan.

Nah, untuk kamu yang masih belum paham apa saja manfaat puasa untuk kesehatan. Seperti dikutip dari laman Hello Sehat, berikut ini beberapa manfaatnya. Jangan lupa mengingatnya dengan baik, ya!

1. Mengontrol Gula Darah

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa berpuasa dapat meningkatkan kemampuan insulis dalam mengirim signal ke sel tubuh untuk menyerap glukosa dalam darah. Bahkan saat berpuasa, tubuh menjadi lebih baik dalam mentoleransi gula, termasuk glukosa dalam karbohidrat.

Manfaat Puasa untuk Kesehatan (via Alodokter)

2. Mengatur Nafsu Makan

Seseorang yang mengalami obesitas akan sulit mengontrol hormon yang memicu rasa lapar. Karena itulah mereka makan secara berlebihan. Nah, dengan berpuasa tubuh dengan sendirinya akan kembali mengatur produksi hormon pemicu rasa lapar, dan tubuh hanya akan melepas hormon tersebut ketika merasa benar-benar lapar. Dengan begitu, produksi hormon lapar yang teratur akan membuat seseorang merasa kenyang lebih cepat.

Manfaat Puasa untuk Kesehatan (via Klikdokter)

3. Menurunkan Berat Badan

Manfaat ketiga dari berpuasa adalah dapat menurunkan berat badan dengan aman. Puasa selama beberapa jam dalam sehari saja bisa membakar sel lemak lebih efektif dibanding dengan cara diet lainnya. Mengapa demikian? Sebab saat puasa, tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi sebagai pengganti gula.

Manfaat Puasa untuk Kesehatan (via Detik)

4. Memperbaiki Pola Makan

Seseorang yang memiliki pola makan berantakan karena kesibukannya sehari-hari akan sangat terbantu dengan berpuasa. Sebab puasa bisa memperbaiki pola makan dengan mengatur jam makan setiap hari, yakni saat sahur dan berbuka. Selain itu, puasa juga dapat membantu kamu menahan diri dari terlalu banyak makan. Karena kamu hanya makan pada jam tertentu saja.

Nah, itu tadi beberapa manfaat puasa  untuk kesehatan yang masih banyak orang tahu. Kalau kamu sudah tahu belum?

Manfaat Puasa untuk Kesehatan (via CNN)